Konjen RI di New York Imbau WNI Waspada Antisipasi Dampak Pemilu AS

Senin, 02 November 2020 - 20:45 WIB
loading...
Konjen RI di New York Imbau WNI Waspada Antisipasi Dampak Pemilu AS
Pemilih antre memberikan suara lebih awal di Louisville, Kentucky, AS. Foto/REUTERS
A A A
NEW YORK - Konsulat Jenderal (Konjen) RI di New York mengeluarkan imbauan untuk warga negara Indonesia (WNI) agar mengambil langkah antisipasi atas dampak pemilu presiden Amerika Serikat (AS) pada 3 November.

Imbauan ini berlaku untuk WNI di AS , terutama yang tinggal di negara bagian Connecticut, Delaware, Maryland, Maine, Massachussetts, New Hampshire, New Jersey, New York, North Carolina, South Carolina, Pennsylvania, Rhode Island, Vermont, Virginia dan West Virginia.

“Warga masyarakat Indonesia dihimbau untuk senantiasi menyikapi dan mengikuti perkembangan situasi Pemilihan Presiden AS dengan tenang, namun dengan tetap mengedepankan sikap kehati-hatian dan kewaspadaan,” papar pernyataan Konjen RI di New York. (Baca Juga: Biden Kembali Unggul Dalam Jajak Pendapat Jelang Pilpres AS)



Konjen RI menambahkan, “Warga masyarakat Indonesia dihimbau untuk sejauh mungkin menghindari tempat-tempat kerumunan massa atau tempat-tempat rawan lainnya yang dinilai berpotensi menjadi lokasi berlangsungnya aksi unjuk rasa atau kerusuhan.” (Lihat Infografis: Lebih Difavoritkan Dunia, Berikut Profil Joe Biden)

“Warga masyarakat Indonesia dihimbau untuk selalu memantau pemberitaan media resmi (mainstream) atau imbauan lembaga berwenang terkait pekermbangan situasi Pemilihan Presiden AS dan perkembangan situasi keamanan setempat,” papar Konjen RI lebih lanjut. (Lihat Video: Debat Calon Presiden AS, Trump vs Biden Panas Sejak Awal)

Konjen RI juga menghimbau agar warga masyarakat Indonesia sedapat mungkin tetap tinggal di rumah, sekiranya tidak teradapat urusan atau kepentingan yang bersifat mendesak.

Konjen RI juga menambahkan, sekiranya terdapat urusan kepentingan yang mengharuskan untuk meninggalkan rumah dan mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, warga masyarakat Indonesia dihimbau untuk selalu bersikap waspada dan hati-hati, serta senantiasa memperhatikan protokol kesehatan di antaranya disiplin dalam menggunakan masker dan menjaga jarak fisik saat berada di tempat atau kendaraan umum.

“Warga masyarakat Indonesia yang memerlukan bantuan Konjen RI New York dapat menghubungi nomor hotline KJRI New York yakni 347 806 9279, 646 491 3809, 646 238 8721, 929 366 9842, 929 329 4872,” pungkas Konjen RI New York.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)