Menlu Serukan Solusi Politik di Yaman dan Suriah

loading...
Menlu Serukan Solusi Politik di Yaman dan Suriah
Menlu Retno Marsudi. Foto/Dok Sindonews
A+ A-
RIYADH - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan solusi politik adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri krisis di Timur Tengah dan mencapai perdamaian yang berkelanjutan.

“Indonesia telah belajar bahwa solusi damai hanya dapat dicapai dengan mempromosikan inklusivitas dan hubungan yang konstruktif,” katanya.

"Untuk melakukannya, kita harus menjauhkan diri dari tindakan apa pun untuk kepentingan pribadi yang akan menghambat kemajuan," sambungnya.

“Penting bagi komunitas internasional untuk terus mendukung perundingan damai,” ujarnya, mengomentari krisis di Yaman dan Suriah seperti dilansir dari Asharq Al-Awsat, Sabtu (31/10/2020).



Di sisi lain, Marsudi menggarisbawahi perlunya segera menghentikan eskalasi konflik di Laut China Selatan.

“Mengenai hubungan kami dengan Amerika Serikat dan konflik yang terjadi di Laut China Selatan saat ini, saya ingin menegaskan kembali dan menegaskan posisi kami bahwa Indonesia bukanlah pihak yang terlibat dalam konflik. Kami akan senantiasa mendukung dan menghormati prinsip-prinsip hukum internasional, khususnya Konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa-Bangsa 1982,” tegas Retno.





Dia mencatat bahwa Indonesia mendesak semua pihak untuk mendorong dialog dan penyelesaian sengketa secara damai.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top