Gempa di Wilayah Aegean Turki, Tidak Ada Korban WNI

Jum'at, 30 Oktober 2020 - 23:43 WIB
loading...
Gempa di Wilayah Aegean Turki, Tidak Ada Korban WNI
KBRI Ankara menyatakan tidak ada WNI yang menjadi korban gempa di wilayah Aegean Turki. Foto/Dawn
A A A
ANKARA - Gempa berkekuatan 7 skala Richter (SR) terjadi di wilayah Aegean, Turki tenggara yang berdekatan dengan perbatasan Yunani pada Jumat (30/10).

Menurut KBRI Ankara gempa tersebut dirasakan hingga ke Istanbul yang berjarak sekitar 400 km dari lokasi gempa. Info sementara, sejumlah bangunan di pusat kota Izmir - kota ketiga terbesar di Turki setelah Istanbul dan Ankara - mengalami kerusakan berat.

Selain Izmir, kota-kota yang terdampak di sekitar wilayah tersebut antara lain kota Usak, Denizli, Manisa, Balikesir, Aydin dan Mugla. Hingga saat ini belum ada laporan resmi mengenai korban akibat gempa tersebut.

KBRI Ankara terus berkoordinasi dengan otoritas setempat, Satgas Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) di Turki yang berada di wilayah tersebut serta simpul-simpul masyarakat Indonesia di wilayah terdampak.(Baca juga: Gempa Kuat Guncang Laut Aegean, Getarkan Turki dan Yunani )

"Sejauh ini tidak diperoleh laporan mengenai adanya WNI yang terkena dampak langsung gempa tersebut", ujar Harliyanto, Koordinator Perlindungan WNI KBRI Ankara dalam rilis yang diterima Sindonews, Jumat (30/10/2020).

Berdasarkan data KBRI Ankara, terdapat sekitar 98 WNI yang tinggal di Izmir dan daerah sekitarnya yang terdampak. Sebagian besar WNI berprofesi sebagai pekerja Spa dan mahasiswa. Terdapat sekitar 5.000 WNI yang tinggal di Turki, sebagian besar adalah mahasiswa (2700) dan pekerja Spa (1500).



KBRI Ankara masih terus berkoordinasi dgn Satgas Perlindungan WNI, simpul-simpul WNI dan otoritas setempat.

Pihak KBRI Ankara juga memberikan hotline perlindungan WNI di nomor: +90 532 135 22 98.

Setidaknya enam orang tewas dan sekitar 202 orang lainnya terluka akibat gempa yang mengguncang wilayah Turki. Jumlah korban diperkirakan bertambah karena proses pencarian korban masih berlangsung(Baca juga: Korban Tewas Akibat Gempa di Turki Jadi Enam Orang, 202 Orang Terluka )

Sejumlah gambar dan rekaman video di media sosial menunjukkan detik-detik saat tsunami kecil melanda wilayah pesisir Turki akibat gempa bumi.

Menurut Wali Kota Seferihisar Izmir, Turki, Ismail Yetiskin, sempat terjadi tsunami kecil akibat gempa tersebut.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0861 seconds (0.1#10.140)