Kisah Qian Xuesen: Diusir AS, Bantu China Peroleh Senjata Nuklir

Kamis, 29 Oktober 2020 - 14:59 WIB
loading...
Kisah Qian Xuesen: Diusir AS, Bantu China Peroleh Senjata Nuklir
Patung Qian Xuesen berdiri di China. Dia adalah ilmuwan yang diusir Amerika Serikat dan akhirnya membantu China memperoleh senjata nuklir. Foto/Science
A A A
BEIJING - Qian Xuesen merupakan salah satu ilmuwan yang paling berjasa bagi China karena membantu negara itu meluncurkan satelit pertamanya dan memperoleh senjata nuklir. Ilmuwan tersebut membantu negaranya setelah dia diusir atau dideportasi dari Amerika Serikat (AS) yang ketakutan dengan operasi spionase.

Pengusirannya pernah dikecam oleh Dan Kimball, mantan Sekretaris Angkatan Laut AS, yang menggambarkan pengusiran itu sebagai "hal terbodoh yang pernah dilakukan Amerika". (Baca: Media China Sentil Indonesia karena Menentang Klaim China di Laut China Selatan )

Qian Xuesen lahir pada 11 Desember 1911 di Hangzhou, China. Dia meninggal pada 31 Oktober 2009 di Beijing, China.

Qian, warga negara China, pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1935 untuk belajar di Massachusetts Institute of Technology, dan kemudian California Institute of Technology.

Dia bergabung dengan sekelompok ilmuwan Amerika, yang dijuluki "pasukan bunuh diri" karena kecerobohan mereka, dan bekerja untuk mengembangkan roket. (Baca: Pompeo: AS Dukung Kedaulatan Indonesia di Laut Natuna! )

Selama Perang Dunia II, kelompok ilmuwan itu bekerja dengan militer Amerika dan Qian Xuesen bergabung dengan Dewan Penasihat Sains Pemerintah AS.

Namun, pada tahun 1949 kubu komunis yang dipimpin oleh Mao Zedong menguasai China dan memicu ketakutan baru bagi AS tentang spionase.

Qian kala itu dicurigai intelijen AS karena menghadiri pertemuan Partai Komunis Pasadena. Menurut penelitian terbaru BBC, dia menjadi anggota partai tersebut pada tahun 1938. (Baca juga: Pakar: Kapal Induk Kedua China Siap Tempur di Laut China Selatan )

Pada tahun 1950, Qian dihadapkan oleh pihak berwenang dan menghabiskan lima tahun berikutnya dalam tahanan rumah sampai Presiden Eisenbower memutuskan untuk mendeportasinya kembali ke China.

"Dia adalah salah satu ilmuwan paling terkemuka di Amerika," kata Tianyu Fang, jurnalis dan penulis budaya China kepada BBC.

“Dia telah berkontribusi banyak dan bisa berkontribusi lebih banyak lagi. Jadi bukan hanya penghinaan, tapi juga rasa pengkhianatan.”

Setelah kembali ke China, Qian bekerja untuk dipercaya oleh rezim baru dan pada tahun 1970 mengarahkan peluncuran Dong Fang Hong I, satelit luar angkasa pertama di Beijing.

Rudal yang dia kerjakan juga menjadi dasar bagi persenjataan nuklir China, di mana negara itu berhasil menguji bom atom pertamanya pada Oktober 1964.

Fraser Macdonald, yang menulis buku "Escape from Earth: A Secret History of the Space Rocket", berpendapat bahwa pengusiran Qian merupakan pukulan serius bagi AS.

"Ada lingkaran aneh ini," katanya kepada BBC. "AS mengeluarkan keahlian ini, dan mereka kembali menggigitnya."

Qian, yang kemudian dikenal sebagai "ilmuwan rakyat", menjadi pahlawan nasional di China.

Di Shanghai, sebuah museum yang dibuat untuk menghormatinya menyimpan 70.000 artefak terpisah.

China saat ini terkunci dalam perlombaan luar angkasa baru dengan Amerika Serikat, di mana kedua negara memiliki rencana untuk mengirim kembali manusia ke Bulan.

Dengan menggunakan program Artemis-nya, NASA berharap astronaut Amerika, termasuk wanita pertama, pergi ke Bulan lagi pada tahun 2024.

Pada bulan Mei, China berhasil meluncurkan roket Long March 5B yang pada akhirnya dapat digunakan untuk membawa astronaut untuk misi ke Bulan.

Beijing juga berencana untuk membangun stasiun luar angkasa China yang baru pada tahun 2022. Pada 2019, China menjadi negara pertama yang mencapai sisi jauh Bulan menggunakan penjelajah.

Otoritas China ingin menempatkan manusia di Bulan dalam waktu sekitar satu dekade, setelah itu mereka berencana untuk membangun pangkalan di Bulan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)