Putra Sultan Brunei yang Terkenal Gemar Pesta Meninggal Dunia

Rabu, 28 Oktober 2020 - 13:10 WIB
loading...
Putra Sultan Brunei yang Terkenal Gemar Pesta Meninggal Dunia
Pangeran Azim, putra Sultan Brunei Darussalam Hasanal Bolkiah, meninggal dunia di usia 38 tahun. Foto/PA/Daily Mirror
A A A
BANDAR SERI BEGAWAN - Pangeran Azim, putra Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, meninggal dunia pada usia 38 tahun pada Sabtu pagi pekan lalu. Pewaris takhta di urutan nomor empat tersebut terkenal sebagai produsen film Hollywood yang gemar pesta dengan para selebritas top.

Pangeran Azim meninggal di Ibu Kota Brunei, Bandar Seri Begawan. Meski penyebab kematiannya tidak dirilis oleh keluarga kerajaan, Azim sempat menderita kanker liver. (Baca: Setelah Nabi Muhammad, Charlie Hebdo Pajang Kartun Erdogan Cabul )

Semasa hidup, Pangeran Azim pernah berfoto dengan Michael Jackson, Pamela Anderson dan Mariah Carey. Menurut laporan Daily Mirror, Rabu (28/10/2020), Pangeran Azim memiliki kekayaan £3,84 miliar (lebih dari Rp73,3 triliun).

Laporan lain dari The Times menyebutkan pada satu kesempatan penting dia mengadakan pesta di mana para tamu menerima goody bag senilai masing-masing £20.000. Itu berisi berisi lukisan cat minyak asli, perawatan gigi, dan voucher untuk safari Kenya.

Sultan Bolkiah sendiri dilaporkan memiliki kekayaan £15 miliar dan memiliki 600 Rolls-Royce. (Baca juga: Cover Charlie Hebdo Kartun Erdogan Cabul, Begini Reaksi Turki )

Kekayaan pribadi Pangeran Azim diperkirakan sekitar £3,84 miliar, beberapa di antaranya dia investasikan ke perusahaan film miliknya yang berbasis di London.

Azim menemukan kesuksesan sebagai produser paruh waktu di Hollywood meskipun kemarahan diarahkan kepada ayahnya oleh para aktor termasuk George Clooney.

Tahun lalu Sultan Bolkiah dikritik secara luas setelah dia mengumumkan bahwa mereka yang dinyatakan bersalah karena melakukan hubungan seks gay di negara Islam itu akan dibunuh.

Sebulan setelah menguraikan proposal untuk meluncurkan undang-undang baru yang ketat, Sultan Bolkiah membatalkan rencananya, di tengah boikot hotel yang dimilikinya di seluruh dunia.

Azim meninggalkan ayah dan ibunya Hajah Mariam, mantan pramugari yang merupakan istri kedua Sultan Bolkiah. Sultan Bolkiah berduka selama tujuh hari.

Ucapan belasungkawa dari negara tetangga telah bermunculan. Kedutaan Besar Indonesia mengatakan Pangeran Azim "akan selalu dikenang dengan penuh kasih sayang".

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, mengatakan; "Azim dikenal karena semangatnya yang baik dan murah hati, dan dedikasinya pada kegiatan amal, pendidikan, dan kepemudaan".
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)