Susul Spanyol, Kasus Covid-19 di Prancis Tembus 1 Juta

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 08:59 WIB
loading...
Susul Spanyol, Kasus Covid-19 di Prancis Tembus 1 Juta
Susul Spanyol, kasus Covid-19 di Prancis tembus angka 1 juta. Foto/Ilustrasi
A A A
PARIS - Prancis telah mencatat lebih dari 1 juta kasus Covid-19 yang dikonfirmasi sejak dimulainya pandemi. Ini menjadikan Prancis negara kedua di Eropa Barat setelah Spanyol yang jumlah infeksinya mencapai 1 juta.

Badan kesehatan Prancis merilis angka baru yang menunjukkan bahwa tes telah mengkonfirmasi setidaknya 1.041.075 kasus virus Corona terjadi di Prancis, termasuk 42.032 kasus baru yang dilaporkan dalam 24 jam terakhir.

Para ahli mengatakan jumlah sebenarnya dari infeksi mungkin jauh lebih tinggi daripada yang dilaporkan oleh pemerintah di seluruh dunia karena kurangnya tes pada awal pandemi, kasus tanpa gejala dan masalah lainnya.

Seperti negara-negara lain di Eropa, Prancis telah melihat jumlah kasus hariannya meningkat tajam dalam beberapa pekan terakhir karena virus itu muncul kembali di Eropa. Pasien Covid-19 sekarang menempati lebih dari 42 persen tempat tidur ICU secara nasional, dan 64 persen di wilayah Paris.(Baca juga: CDC: Virus Corona Lima Kali Lebih Mematikan dari Flu Biasa )

"Lebih dari 11.000 pasien Covid-19 baru telah dirawat di rumah sakit dalam seminggu terakhir, termasuk 1.714 yang dalam perawatan intensif," menurut badan kesehatan Prancis seperti dilansir dari The National, Sabtu (24/10/2020).

Berbicara pada Jumat pagi setelah mengunjungi rumah sakit di Pontoise, pinggiran utara Paris, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan epidemi semakin cepat.

Pemerintah Prancis telah memperluas jam malam yang diberlakukan di delapan wilayah perkotaan Prancis pekan lalu untuk mencakup lebih dari 38 wilayah dan Polinesia.

"Jam malam pukul 9 malam - 6 pagi dan tindakan kesehatan masyarakat lainnya akan berlangsung selama setidaknya enam minggu," kata Macron.



Perpanjangan tersebut berarti bahwa 46 juta dari 67 juta orang Prancis akan berada di bawah jam malam yang melarang mereka keluar dan sekitar selama jam-jam tersebut kecuali untuk alasan yang terbatas, seperti berjalan-jalan dengan anjing, bepergian ke dan dari tempat kerja dan naik kereta atau penerbangan.

Prancis telah melaporkan lebih dari 34.000 kematian terkait virus, salah satu jumlah korban tertinggi di Eropa.

Pada Kamis lalu, Spanyol menjadi negara Eropa barat pertama yang mencatat kasus virus Corona terkonfirmasinya mencapai angka 1 juta.Secara keseluruhan, Eropa telah menyaksikan gelombang kedua dari pandemi virus Corona menuju musim flu biasa. Minggu lalu, Uni Eropa melampaui AS dalam kasus Covid-19 baru untuk pertama kalinya sejak April.(Baca juga: Pertama di Eropa Barat, Spanyol Catat 1 juta Kasus Virus Corona )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0926 seconds (0.1#10.140)