Enam Kesimpulan dari Debat Capres AS Ronde Terakhir

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 13:53 WIB
loading...
Enam Kesimpulan dari Debat Capres AS Ronde Terakhir
Debat Capres AS putara terakhir antara Presiden Donald Trump dengan penantangnya Joe Biden berjalan lebih baik dari pada debat pertama. Foto/ABC News
A A A
WASHINGTON - Tertinggal dalam jajak pendapat dengan pemilu 3 November hanya tinggal 12 hari lagi, Presiden Donald Trump berada di bawah tekanan selama debat calon presiden terakhir untuk menghidupkan kembali kampanyenya yang lesu melawan saingannya dari Partai Demokrat Joe Biden .

Berikut enam kesimpulan dari debat tersebut yang dinukil dari Reuters, Jumat (23/10/2020):

MALAM YANG LEBIH BERADAB
Setelah debat Trump-Biden pertama pada bulan September berubah menjadi pertandingan yang kacau balau, moderator mengatakan mereka akan mematikan mikrofon masing-masing kandidat untuk memungkinkan yang lain berbicara tanpa gangguan selama dua menit di awal setiap segmen debat yang berlangsung 15 menit.


Tombol mute tidak banyak berperan, dan bahkan selama segmen debat bebas yang tersisa, para kandidat mempertahankan sikap yang lebih "beradab" daripada pada pertemuan terakhir mereka.

Trump tampaknya menunjukkan perilaku terbaiknya di awal malam - bahkan kepada moderator Kristen Welker, anggota korps pers Gedung Putih yang sering dia cela.

“Sejauh ini, saya sangat menghormati cara Anda menangani (debat) ini,” katanya.

Namun seiring berlalunya debat, Trump kembali ke bentuk semula - membicarakan Welker dan mengejek Biden saat dia berbicara.

LEBIH BAIK DARI ABRAHAM LINCOLN?
Penolakan Trump untuk mengutuk kelompok supremasi kulit putih dalam debat pertama mungkin merupakan kesalahan terbesarnya sendiri.

Dia menghindari jebakan itu pada hari Kamis selama perdebatan mengenai hubungan ras, di mana dia memuji-muji undang-undang reformasi peradilan pidana, yang secara efektif membatalkan beberapa aspek dari undang-undang yang melarang kejahatan yang disponsori oleh Biden pada tahun 1990-an yang mengakibatkan hukuman penjara yang lama untuk jutaan orang kulit hitam.

Namun pernyataan Trump juga menonjolkan hiperbola khasnya.

"Dengan pengecualian Abraham Lincoln, kemungkinan pengecualian tidak ada yang melakukan apa yang telah saya lakukan untuk orang kulit hitam Amerika," ujarnya.

Ia juga mengatakan dirinya memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai presiden karena dia tidak suka kinerja presiden kulit hitam pertama di negara itu.

“Saya mencalonkan diri karena Barack Obama. Dia melakukan pekerjaan yang buruk. Jika saya pikir dia melakukan pekerjaan dengan baik, saya tidak akan pernah mencalonkan diri," ucapnya.

Biden pun menanggapi dengan mengejek: “Abraham Lincoln di sini adalah salah satu presiden paling rasis yang pernah kami miliki dalam sejarah modern. Dia menuangkan bahan bakar ke setiap tembakan rasis."(Baca juga: Pemilihan Presiden AS: Biden Andalkan Obama, Trump Fokus Ekonomi )

BERBICARA KE KAMERA
Biden mencoba beberapa kali untuk melepaskan diri dari huru-hara dan menyapa para pemilih secara langsung.

Setelah lama bertukar pikiran tentang keuangan pribadi kedua kandidat, Biden beralih ke kamera dan berkata: "Ini bukan tentang keluarganya dan keluargaku. Ini tentang keluargamu. Dan keluargamu terluka parah," katanya.

Selama perdebatan tentang perawatan kesehatan, dia berkata: "Berapa banyak dari Anda yang berada di rumah berguling-guling di tempat tidur pada malam hari bertanya-tanya atas nama Tuhan apa yang akan Anda lakukan jika Anda sakit?"

PERETASAN PEMILU, IRS DAN PENGEMBALIAN PAJAK
Trump berusaha menggambarkan Biden sebagai sosok yang terlibat korup dengan urusan bisnis putranya Hunter di Ukraina dan China, tetapi dia juga berjuang untuk membentuk tuduhan yang telah beredar di media konservatif menjadi kasus yang koheren.

Tidak ada bukti yang muncul mengaitkan Biden dengan perilaku yang tidak pantas, dan satu-satunya hasil adalah pemakzulan Trump tahun lalu oleh Dewan Perwakilan Rakyat karena menekan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy untuk menyelidiki Biden.

Biden dengan tegas membantah adanya ketidakwajaran di pihaknya, dan membandingkan kesediaannya untuk melepaskan pengembalian pajaknya dengan penolakan Trump untuk melakukannya.

"Apa yang kamu sembunyikan?" Dia bertanya. “Umumkan pengembalian pajak Anda, atau berhenti berbicara tentang korupsi,” cetusnya.

Trumpkembalimenyampaikan keluhan usang tentang Internal Revenue Service (IRS), mantan Penasihat Khusus Robert Mueller, dan orang lain yang menurutnya memperlakukannya tidak adil.

“Saya diperlakukan sangat buruk oleh IRS, sangat tidak adil,” katanya.

JAM BERAPA?
Biden sekilas melihat arlojinya di akhir debat, setelah Welker menyebutkan sedikit waktu yang tersisa. Di dunia nyata itu mungkin tidak dilihat sebagai tindakan yang tidak biasa, tetapi itu menimbulkan perbandingan antara pecandu politik dengan Presiden Republik George H.W. Bush melirik arlojinya selama debat tahun 1992 dengan Bill Clinton dan H. Ross Perot. Itu dilihat sebagai kesalahan besar pada saat itu.(Lihat video: Donald Trump Kampanye Pilpres Tanpa Kenakan Masker )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)