China Desak AS Jelaskan Soal Kegiatan Militerisasi Biologis di Luar Negeri

Kamis, 22 Oktober 2020 - 15:47 WIB
loading...
China Desak AS Jelaskan Soal Kegiatan Militerisasi Biologis di Luar Negeri
China mendesak Amerika Serikat (AS) untuk menawarkan klarifikasi komprehensif tentang kegiatan militerisasi biologis di luar negeri. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China mendesak Amerika Serikat (AS) untuk menawarkan klarifikasi komprehensif tentang kegiatan militerisasi biologis di luar negeri. AS diduga diduga melakukan penelitian di laboratorium biologi di negara anggota Persemakmuran Negara-negara Merdeka.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian membuat pernyataan ketika menanggapi pertanyaan tentang pernyataan Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia, Dmitry Medvede bahwa kegiatan penelitian AS di laboratorium biologi di anggota Persemakmuran Negara-negara Merdeka telah menyebabkan keprihatinan besar.

Zhao mengatakan, ini bukan pertama kalinya komunitas internasional menyatakan keprihatinannya terhadap kegiatan militerisasi biologis AS di negara lain. China, jelasnya, telah berulang kali menekankan bahwa kegiatan semacam itu tidak transparan, aman, atau dibenarkan. ( )

"Mengapa upaya itu dipimpin oleh militer? Berapa banyak sumber daya hayati yang sensitif dan berapa banyak informasi yang dikumpulkannya dari negara-negara terkait?" tanya Zhao, menuntut untuk mengetahui apakah ada potensi bahaya kebocoran.

"Mengapa AS, selama lebih dari satu dekade, berdiri sendiri di jalan negosiasi untuk protokol Konvensi Senjata Biologis (BWC) yang mencakup rezim verifikasi? AS harus terbuka, transparan dan bertanggung jawab, menanggapi keprihatinan internasional, dengan setia melaksanakan kewajiban BWC-nya, mengklarifikasi kegiatan militerisasi biologisnya di luar negeri dan berhenti memblokir negosiasi untuk protokol yang mencakup rezim verifikasi," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)