Ironi Para Ilmuwan Hebat yang Tak Pernah Memenangkan Nobel

Senin, 05 Oktober 2020 - 07:31 WIB
loading...
Ironi Para Ilmuwan Hebat yang Tak Pernah Memenangkan Nobel
Banyak ilmuwan yang layak mendapatkan Hadiah Nobel. Tetapi kenyataannya para cerdik pandai itu justru tidak mendapat penghargaan sains paling bergengsi ini. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
BANYAK ilmuwan yang sebenarnya layak mendapatkan Hadiah Nobel . Tetapi kenyataannya para cerdik pandai itu justru tidak mendapat penghargaan yang sudah diberikan sejak 1901 meski memiliki penemuan hebat di dunia ilmu pengetahuan. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya. (Baca juga: 9 Kumpulan Surat Menyentuh Para Peraih Nobel)

1. Nikola Tesla
Ironi Para Ilmuwan Hebat yang Tak Pernah Memenangkan Nobel

Nikola Tesla adalah orang yang memiliki kontribusi besar dalam bidang listrik. Ia menemukan sistem listrik AC yang berguna sekali di era sekarang. Tesla juga dikenal karena percobaannya tentang tegangan tinggi, kekuatan berfrekuensi tinggi.

Salah satu penemuan yang sangat berguna dari Tesla adalah ditemukannya gelombang radio. Tanpa Tesla mungkin saat ini tak akan ada radio yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi.

Tesla juga melakukan percobaan tentang sinar-X. Sayangnya, dengan begitu banyak penemuan yang ditemukan, Tesla sama sekali tidak mendapatkan apa-apa. Hadiah Nobel yang prestisius itu sama sekali tak menyasar namanya. (Baca juga: 11 Perseteruan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah)

2. Satyendranth Bose
Ironi Para Ilmuwan Hebat yang Tak Pernah Memenangkan Nobel

Satyendanth Bose adalah seorang ilmuwan dari India. Di tangannya, sebuah penemuan baru dalam dunia fisika akhirnya membantu banyak sektor di dunia modern. Bose meneliti tentang adanya pergerakan partikel yang bisa dihitung dengan statistik.

Akhirnya ia dengan Albert Einstein melakukan penelitian bersama dan menghasilkan sebuah penemuan berupa Bose-Einstein Statistics. Sayangnya, apa yang dilakukan oleh Bose justru tak dapat penghargaan. (Baca juga: Liga Dunia Muslim: Si Genius Einstein Bukan Orang Ateis)

Di India pun banyak ilmuwan lokal justru tak menggunakan penemuannya. Padahal ia melakukan ini untuk mengangkat nama negerinya. Dan yang paling mengenaskan adalah komite Nobel justru menolak mentah-mentah untuk mengikutkan Bose sebagai kandidat peraih nobel dalam bidang sains.

3. Rosalind Elsie Franklin
Ironi Para Ilmuwan Hebat yang Tak Pernah Memenangkan Nobel

Rosalind Elsie Franklin adalah seorang warga keturunan Yahudi yang hidup di Inggris. Ia dikenal sebagai orang yang mampu menggunakan sinar-X untuk melihat struktur terkecil dari DNA. Di tangan Rosalind, DNA akhirnya bisa digambarkan dengan sangat jelas. Bahkan ia juga mengembangkannya untuk RNA, virus, dan batu bara.

Namanya cukup diperhitungkan kala itu meski tak banyak yang menghargainya. Di masa lalu, Komite Nobel sama sekali tak ingin memasukkan wanita ini ke dalam kandidat calon penerima. Di masa lalu wanita memang selalu mendapatkan perlakuan sangat buruk. Rosalind salah satu orang yang menerima perlakuan itu. (Baca juga: Menikah, Resep Ibnu Sina kepada Pemuda yang Sakit)

4. Fred Hoyle
Ironi Para Ilmuwan Hebat yang Tak Pernah Memenangkan Nobel

Fred Hoyle adalah ilmuwan yang pertama kali memperkenalkan teori Big Bang atau ledakan besar dari bintang. Ia menemukan fakta jika hidrogen dan helium adalah partikel penting dalam setiap benda yang memiliki energi di angkasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)