Pindah ke Los Angeles, Harry dan Meghan Dirikan Organisasi Nirlaba

Rabu, 08 April 2020 - 09:45 WIB
Pindah ke Los Angeles, Harry dan Meghan Dirikan Organisasi Nirlaba
Pindah ke Los Angeles, Harry dan Meghan Dirikan Organisasi Nirlaba
A A A
LONDON - Pangeran Harry dan Meghan yang sudah pindah ke Los Angeles mengumumkan bahwa mereka mendirikan lembaga amal baru yang diberi nama Archewell. Nama lembaga itu seperti mengacu pada putra mereka, Archie.

Itu menjadi gebrakan baru Harry-Meghan setelah mereka resmi melepaskan diri dari tugas keluarga Kerajaan Inggris akhir bulan lalu. Itu juga menjadi kesempatan baru bagi mereka untuk memperkuat karier mereka guna mendapatkan uang dan menghabiskan waktunya di Amerika Serikat (AS).

Pada pesan terakhir sebelum mereka mengundurkan diri, Harry dan Meghan mengatakan mereka akan fokus pada keluarga mereka sebelum mengembangkan organisasi nirlaba. Mereka juga telah dipaksa untuk menyerahkan brand SussexRoyal. Harian Inggris Daily Telegraph melaporkan bahwa Harry-Meghan mengajukan permintaan merek dagang di AS.

“Sama seperti kamu, fokus kita adalah mendukung upaya global melawan pandemi Covid-19 dengan memberikan informasi yang menjadi cahaya,” demikian keterangan Harry-Meghan, dilansir Reuters. “Kita merasa bahwa kita berbagi pengalaman dengan bagaimana ini bisa di atas,” kata mereka.

Harry dan Meghan bercerita tentang sebelum SussexRoyal, muncul ide Arche. Dalam bahasa Yunani, Arche berarti “sumber kekuatan.” “Kita menghubungkan konsep ini untuk kembaga amal yang kita harapkan bisa didirikan pada suatu hari nanti. Itu juga bisa menjadi inspirasi untuk nama anak kita,” kata mereka.

Untuk nama organisasi nirlaba yakni Archewell, merupakan kombinasi kata kuno untuk kekuatan dan tindakan. “Itu bisa berarti membangkitkan sumber daya di mana kita bisa gambarkan,” demikian keterangan Harry dan Meghan. Mereka akan meluncurkan Archewell pada waktu yang tepat nanti. (Baca: Harry-Meghan Jalani Tugas Akhir sebagai Anggota Keluarga Kerajaan)

Harry, salah satu cucu kesayangan Ratu Elizabeth II, dan Meghan­—mantan aktris Hollywood, menikah pada Mei 2018 silam. Archie lahir satu tahun kemudian. Namun, hubungan Harry dengan media di Inggris tidak ramah karena privasi mereka kerap diumbar dalam pemberitaan. Januari silam, mereka mengumumkan pengunduran diri dari peran dan tugas kerajaan.

Langkah Harry dan Meghan memicu krisis di keluarga kerajaan. Akhirnya, Ratu Elizabeth, Pangeran William, dan Pangeran Charles membuat kesepakatan. Mereka sepakat bahwa Harry dan Meghan melepaskan jabatan dan peranannya sebagai anggota keluarga kerajaan. Selepas itu, mereka lebih menghabiskan waktu di Kanada dan kemudian pindah ke Los Angeles.

Harry, 35, dan Meghan, 38, tidak akan lagi menggunakan gelar HRH His or Her Royal Highness atau Yang Mulia. Selain itu, mereka juga tidak boleh menggunakan kata “royal” sebagai branding mereka. Namun, dia tetap berstatus sebagai pangeran, tetapi melepas gelar militernya.

Jajak pendapat menunjukkan, Harry merupakan salah satu anggota keluarga Kerajaan Inggris yang paling populer. Harry dan Meghan juga disebut sebagai pasangan keluarga kerajaan yang kerap mendapatkan sambutan hangat dibandingkan ayah dan kakaknya.

Penulis biografi kerajaan, Penny Junor, mengatakan bahwa kepergian Harry akan menjadi kehilangan besar bagi keluarga dan kerajaan. “Saya pikir bahwa dia sesungguhnya ditakdirkan sebagai anggota keluarga kerajaan,” terangnya. Dia mengungkapkan, Harry sebenarnya bisa melakukan apa pun dengan posisi dan kekuasaan untuk menciptakan hal baik. “Saya pikir dia (Harry) akan merindukan kemampuan untuk membuat kehidupan orang lebih baik,” paparnya kepada Reuters. (Andika H Mustaqim)
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3512 seconds (0.1#10.140)