AS Bakal Kirim Pasokan Medis ke Italia, Prancis, Spanyol

Selasa, 31 Maret 2020 - 14:10 WIB
AS Bakal Kirim Pasokan Medis ke Italia, Prancis, Spanyol
AS Bakal Kirim Pasokan Medis ke Italia, Prancis, Spanyol
A A A
WASHINGTON - Presiden Donald Trump mengatakan Amerika Serikat (AS) akan mengirim peralatan medis untuk memerangi pandemi virus Corona ke Italia dan kemudian Prancis serta Spanyol. Hal itu diungkapkannya saat jumpa pers harian di Gedung Putih.

Trump dengan gamblang mengungkapkan secara spesifik jenis bantuan atau kapan bantuan itu akan dikirim. Ia hanya mengatakan bahwa sebagian besar bantuan itu akan dikirim ke Italia, yang memiliki jumlah kematian pandemi tertinggi di dunia.

"Kami akan mengirimkan barang-barang bedah, medis, dan rumah sakit senilai sekitar $ 100 juta ke Italia," katanya.

"Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, akan sangat, sangat senang saya akan memberi tahu Anda tentang hal itu," imbuhnya seperti dikutip dari France24, Selasa (31/3/2020).

Trump dihujani kritik karena dianggap terlalu lamban menanggapi pandemi virus Corona yang kini telah meningkat di AS. Insiden mengerikan dari rumah sakit di New York dan tempat lain mengungkapkan sistem kesehatan AS yang tidak siap dengan pasokan dasar seperti masker wajah, serta perangkat untuk menyelamatkan jiwa seperti respirator.

"Kami juga mengirimkan barang-barang yang tidak kami butuhkan ke (negara) bagian lain," ujarnya.

"Ketika kita melampaui apa yang kita butuhkan terhadap ventilator, mereka juga akan dikirim," ia menambahkan.

Walikota New York telah memperingatkan lebih dari seminggu yang lalu bahwa kota itu kehabisan peralatan penting seperti ventilator.

Pada hari Jumat Trump memerintahkan General Motors untuk memproduksi alat bantu pernafasan perawatan kritis tetapi ini tidak akan mudah bagi raksasa mobil tersebut, yang mengharuskan perusahaan untuk melatih karyawan, mendapatkan pasokan, dan mematuhi panduan manufaktur yang ketat.

"Kami akan mengirim mereka ke Italia. Kami akan mengirim mereka ke Prancis. Kami akan mengirim mereka ke Spanyol, di mana mereka memiliki masalah luar biasa, dan negara lain yang kami bisa," kata Trump.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3587 seconds (0.1#10.140)