alexametrics

Kapal Perang AS Muncul di Selat Taiwan, China Kesal

loading...
Kapal Perang AS Muncul di Selat Taiwan, China Kesal
Kementerian Pertahanan China angkat bicara mengenai kapal perang Amerika Serikat (AS) yang berlayar melintasi Selat Taiwan. Foto/Reuters
A+ A-
BEIJING -

Kementerian Pertahanan China angkat bicara mengenai kapal perang Amerika Serikat (AS) yang berlayar melintasi Selat Taiwan. Beijing mengatakan, AS terus memainkan permainan yang berbahaya di kawasan.

Juru bicara Kementerian Pertahanan China, Ren Guoqiang mengecam apa yang disebut dengan tindakan negatif lanjutan oleh AS di Taiwan, termasuk pelayaran melalui dan penerbangan melintasi Selat Taiwan.



"Langkah-langkah AS telah secara serius mencampuri urusan dalam negeri China, sangat merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dan meracuni hubungan militer Sino-AS. Tindakan itu sangat berbahaya," kata Ren, seperti dilansir Reuters pada Kamis (26/3/2020).

Sebelumnya, Armada Ketujuh AS melalui Twitter hari ini mengonfirmasi bahwa kapal perang USS McCampbell—kapal perusak bersenjata rudal—telah transit di Selat Taiwan sehari sebelumnya.

Juru bicara Armada Ketujuh AS, Anthony Junco, mengatakan kapal USS McCampbell melakukan transit rutin di Selat Taiwan pada 25 Maret waktu setempat sesuai dengan hukum internasional.

“Transit kapal melintasi Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Angkatan Laut AS akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan oleh hukum internasional," katanya.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan kapal perang Amerika menjalankan "misi rutin" melintasi jalur perairan pemisah pulau yang memerintah sendiri tersebut dari daratan China.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak