alexametrics

Trump Minta Bantuan Korsel untuk Kirim Peralatan Medis

loading...
Trump Minta Bantuan Korsel untuk Kirim Peralatan Medis
Presiden AS Donald Trump. Foto/REUTERS
A+ A-
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) akan mengirim peralatan medis ke Amerika Serikat (AS) untuk memerangi virus corona jika ada kelebihan peralatan.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump berjanji membantu perusahaan-perusahaan Korsel mendapatkan persetujuan pemerintah AS.

Kabar ini membuat harga saham manufaktur Korsel untuk peralatan medis itu menguat. Kedua negara juga meningkatkan kerja sama sejak penemuan kasus pertama virus corona.



Setelah muncul wabah, Korsel melakukan tes skala besar dalam beberapa hari. Korsel juga meluncurkan program agresif untuk isolasi pasien positif corona dan melacak kontak mereka.

Korsel dipuji karena mampu menghambat penyebaran virus corona dan hanya memiliki 125 korban tewas. Negara itu juga dapat mengendalikan jumlah infeksi baru per hari di bawah 100 dalam 13 hari terakhir.

AS pada awalnya hanya melakukan tes dalam jumlah kecil. Kini AS menutup sejumlah wilayah saat wabah berkembang pesat di beberapa negara bagian dan ribuan kasus baru muncul setiap hari.

“Dalam percakapan telepon selama 23 menit, Trump mengatakan pada Presiden Korsel Moon Jae-in bahwa dia akan membantu para produsen Korsel mendapat izin dari Badan Pangan dan Obat AS (FDA) untuk peralatan mereka,” papar pernyataan kantor Istana Biru Korsel.

“Moon mengatakan pada Trump bahwa Korsel akan memberika ndukungan sebanyak mungkin, jika ada kelebihan peralatan medis di Korea,” ungkap pemerintah Korsel.

Saham manufaktur peralatan tes, Seegene Inc naik hingga 27%. Sugen Tech Inc naik 23%, dibandingkan peningkatan 4,5% dalam indeks KOSPI.
(sfn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak