alexametrics

Pertama Kali, Kru Kapal Induk AS Dinyatakan Positif Corona di Tengah Laut

loading...
Pertama Kali, Kru Kapal Induk AS Dinyatakan Positif Corona di Tengah Laut
Tiga pelaut AS yang bertugas di kapal induk USS Theodore Roosevelt dinyatakan positif idap Corona di tengah laut. Foto/Ilustrasi
A+ A-
WASHINGTON - Tiga pelaut Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang bertugas di atas kapal induk USS Theodore Roosevelt dinyatakan positif terinfeksi virus Corona baru, COVID-19. Saat ini kapal tersebut tengah berada di Laut Filipina.

Ini adalah pertama kalinya hasil tes virus Corona pelaut AS dinyatakan positif di atas kapal saat berada di laut.

Pejabat Sekretaris Angkatan Laut AS, Thomas Modly mengatakan, ketiga kru tersebut telah diterbangkan ke fasilitas medis AS di wilayah pasifik. Namun ia tidak mengungkapkan fasilitas medis yang dimaksud.



Kru kapal dari 5.000 awak kapal yang melakukan kontak dengan tiga pelaut itu telah dikarantina secara protektif.

"Kami telah mengidentifikasi semua orang yang telah mereka hubungi dan kami juga mengkarantina mereka," kata Modly.

"Ini adalah contoh dari kemampuan kami untuk menjaga kapal-kapal kami yang dikerahkan di laut," imbuhnya seperti dilansir dari ABC News, Rabu (25/3/2020).

Secara keseluruhan, Angkatan Laut memiliki 86 personil yang dinyatakan positif COVID-19, termasuk 57 pelaut. Sisanya adalah warga sipil, tanggungan atau kontraktor.

Tidak jelas apakah para pelaut terinfeksi virus Corona setelah berlabuh di Da Nang, Vietnam, pada awal Maret lalu.

"Akan sulit untuk mengikat kasus-kasus aktif ini dengan kunjungan pelabuhan itu," kata Kepala Operasi Angkatan Laut AS, Laksamana Mike Gilday.

"Kami punya pesawat terbang ke dan dari kapal dan jadi kami hanya tidak ingin mengatakan bahwa itu adalah kunjungan pelabuhan tertentu," ia menambahkan.

Gilday mengatakan bahwa sebelum berlabuh, para pejabat Angkatan Laut dengan hati-hati mempertimbangkan apakah akan melanjutkan kunjungan tersebut. Ia mencatat bahwa pada saat berlabuh di pelabuhan yang dijadwalkan hanya ada 16 kasus COVID-19. Semua kasus infeksi virus tersebut berada di Vietnam utara, jauh dari pelabuhan yang berlokasi di Vietnam tengah.

Penyaringan yang hati-hati terhadap para pelaut yang kembali dilakukan sebelum mereka naik ke kapal induk, yang kemudian mengikuti panduan baru Angkatan Laut untuk bertahan selama 14 hari di laut setelah berlabuh.

Ketiga pelaut itu dinyatakan positif 15 hari setelah berlabuh.

Akhir pekan terakhir ini Angkatan Laut AS mengirim tim medis ke tiga kapal besar di Pasifik - termasuk kapal induk Roosevelt - yang dapat melakukan pengujian "batch" unit-unit di atas kapal alih-alih tes individual. Tetapi tampaknya ketiga pelaut itu menunjukkan gejala, termasuk demam dan sakit, serta mendapatkan tes individu yang diterbangkan ke pantai untuk analisis akhir.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak