Pantau Kondisi WNI, KBRI Kerjasama dengan PPI dan Asosiasi Indonesia di Prancis

Minggu, 15 Maret 2020 - 21:59 WIB
Pantau Kondisi WNI, KBRI Kerjasama dengan PPI dan Asosiasi Indonesia di Prancis
Pantau Kondisi WNI, KBRI Kerjasama dengan PPI dan Asosiasi Indonesia di Prancis
A A A
PARIS - Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Paris, Prancis terus memantau kondisi warga negara Indonesia (WNI) di Prancis. KBRI menyebut, untuk memantau para WNI tersebut, mereka bekerjasama dengan komunitas WNI yang ada di Prancis.

Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Arrmanantha Nasir menuturkan, sejak terjadi kasus pertama Covid-19 di Prancis pada akhir Januari 2020, KBRI Paris telah mengikuti perkembangannya secara seksama. Arrmanantha menuturkan, KBRI, telah aktif memberikan informasi secara reguler dan mengimbau WNI di Prancis untuk berhati hati, menjaga diri, dan mengikuti arahan otoritas kesehatan setempat terkait Covid-19.

"KBRI Paris dan KJRI Marseille telah aktifkan group kordinasi sehingga secara langsung telah menghubungi perwakilan WNI, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), dan Asosiasi Indonesia di Prancis untuk mendapatkan informasi terkini kondisi WNI di seluruh wilayah Prancis," ucapnya kepada Sindonews pada Minggu (15/3/2020).

Untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19, Arrmanatha menyebut, KBRI telah mengambil sejumlah langkah, diantaranya adalah semua staf dan tamu KBRI akan dicek suhu badannya saat memasuki gedung KBRI. Lalu, semua staf dan tamu diminta membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang telah disediakan saat masuk gedung KBRI.

"Sebagai langkah antisipasi, setiap tamu KBRI Paris diwajibkan untuk mengisi formulir yang berisi data kontak yang dapat dihubungi dan pernyataan tidak pernah berada di lokasi yang diketahui banyak penyebaran Covid-19 baik di Prancis maupun luar Prancis dalam 14 hari terakhir," ungkapnya.

Arrmanantha mengatakan, KBRI juga mengatakan mereka telah menunda atau membatalkan semua kegiatan atau aktivitas yang melibatkan banyak orang sampai dengan akhir April 2020, seperti kegiatan beribadah, promosi, dan aktivitas sosial yang dilakukan di KBRI Paris. "Staf KBRI juga diminta untuk sementara tidak menerima tamu kecuali untuk hal penting," jelasnya.

Selainitu, KBRI Paris juga mengubah jam kerja untuk menjaga social distancing saat rush hour bagi staf yang menggunakan transportasi umum dan meminta staf yang kurang sehat untuk bekerja dari rumah.

"Pelayanan KBRI Paris masih terus berjalan khususnya untuk perlindungan WNI di Prancis. KBRI Paris akan terus melakukan penyesuaian terhadap berbagai langkah yang akan diambil dalam menghadapi penyebaran Covid-19 sesuai dengan situasi kedepan," tukasnya.

(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5218 seconds (0.1#10.140)