Jalani Tes Corona, Duterte Dinyatakan Negatif COVID-19

Sabtu, 14 Maret 2020 - 10:35 WIB
Jalani Tes Corona, Duterte Dinyatakan Negatif COVID-19
Jalani Tes Corona, Duterte Dinyatakan Negatif COVID-19
A A A
MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte dinyatakan negatif COVID-19 setelah menjalani tes virus Corona baru itu. Ia pun akan tetap mengambil kebijakan pencegahan untuk menghindari infeksi.

Senator Filipina yang juga kompatriot Duterte, Christopher Lawrence Go, mengatakan hasil tes orang nomor satu di Filipina itu menunjukkan ia tidak terinfeksi. Go dan Duterte menjalani tes Corona pada hari Kamis lalu setelah bertemu dengan pejabat kabinet yang baru-baru ini terpapar oleh orang yang terinfeksi virus tersebut. (Baca: Presiden Filipina Duterte Akan Jalani Tes Virus Corona )

"Kami sehat dan bugar untuk melakukan tugas kami," kata Go, yang memenangkan kursi Senat dalam pemilihan paruh waktu tahun lalu setelah menjabat sebagai pembantu dekat Duterte selama bertahun-tahun seperti dikutip dari ABC News, Sabtu (14/3/2020).

Dikatakan oleh Go, Duterte yang berusia 74 tahun tidak menunjukkan gejala penyakit COVID-19 tetapi masih menjalani tes atas saran pejabat kesehatan untuk memastikan dia sehat dan dapat terus terlibat dengan masyarakat.

Sementara itu sebagian besar pejabat kabinet yang terpapar pada orang yang terinfeksi telah mulai melakukan karantina sendiri.

Pejabat kesehatan Filipina melaporkan 12 kasus infeksi virus COVID-19 baru pada hari Jumat, menjadikan total kasus infeksi yang dikonfirmasi di negara itu menjadi 64. Lima pasien yang terinfeksi, seorang warga China dan empat warga Filipina, telah meninggal.

Sementara jumlah infeksi masih relatif rendah, Duterte mengumumkan langkah drastis pada hari Kamis untuk mencegah penyebaran virus, terutama di kota metropolitan Manila, di mana banyak kasus telah dilaporkan.

Duterte menangguhkan perjalanan domestik ke dan dari kota metropolis Manila yang padat selama sebulan mulai hari Minggu dan mengizinkan karantina menyapu di kawasan itu. (Baca: Cegah Penyebaran Corona, Duterte Umumkan Lockdown Manila )
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4356 seconds (0.1#10.140)