Kepolisian Venezuela Blokir Pawai Oposisi di Kongres

Rabu, 11 Maret 2020 - 04:01 WIB
Kepolisian Venezuela Blokir Pawai Oposisi di Kongres
Kepolisian Venezuela Blokir Pawai Oposisi di Kongres
A A A
CARACAS - Pasukan keamanan Venezuela menggunakan gas air mata untuk mencegah demonstran yang dipimpin tokoh oposisi Juan Guaido berpawai di parlemen nasional.

Saat ini anggota parlemen pro-pemerintah mengontrol parlemen sejak Januari. Pawai yang dihadiri ratusan pendukung oposisi itu hanya berada beberapa blok menuju gedung Kongres di pusat kota Caracas sebelum kepolisian anti-huru-hara memblokade jalan dan mulai menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa.

Guaido selama beberapa pekan menyeru warga Venezuela agar bergabung pawai itu sebagai cara menghidupkan kembali unjuk rasa jalanan melawan pemerintahan Presiden Nicolas Maduro yang dianggap diktator oleh Amerika Serikat (AS).

Unjuk rasa muncul pada 2019 tapi mereda pada 2019 saat Partai Sosialis kembali berkuasa.

Pawai ini merupakan yang pertama kali digelar oposisi sejak Guaido kembali pada 11 Februari dari tur diplomatik, termasuk bertemu Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih.

Ini menjadi tes kemampuan Guaido menggerakkan para pendukungnya yang semakin ragu tentang kemampuannya menggulingkan Maduro meski Venezuela mendapat banyak sanksi dari AS.

Setelah polisi membubarkan massa, Guaido menyatakan mereka akan ke lapangan terdekat di mana para anggota parlemen akan menggelar sidang Kongres di jalanan.

"Kami tidak akan memberi kediktatoran kesenangan menciptakan kekerasan, ingin menyergap kami," ungkap Guaido selama pawai yang berawal dari distrik Chacao, Caracas.

"Hari ini tujuannya adalah bertemu lagi di jalanan untuk membuktikan kita kekuatan mayoritas," papar Guaido.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3573 seconds (0.1#10.140)