Senator AS Desak NATO Dukung Turki di Suriah

Kamis, 05 Maret 2020 - 19:50 WIB
Senator AS Desak NATO Dukung Turki di Suriah
Senator AS Desak NATO Dukung Turki di Suriah
A A A
WASHINGTON -

Senator Amerika Serikat (AS) Marco Rubio mendesak NATO untuk mendukung Turki dengan dukungan pertahanan udara di provinsi Idlib di Suriah barat laut. Rubio mengatakan, bahwa situasi di negara yang dilanda perang semakin berbahaya.

"NATO harus memberi Turki dukungan serangan udara dan intelijen, dan bantuan keuangan kepada badan-badan yang menangani pengungsi di dalam wilayah Suriah," kata Rubio dalam sebuah pernyataan di akun Twitternya.

Politisi Partai Republik itu, seperti dilansir Anadolu Agency pada Kamis (5/3/2020), kemudian meminta Rusia untuk menarik tentaranya yang ditempatkan di sekitar pos pengamatan militer Turki di Idlib.

Pernyataannya datang beberapa hari setelah Turki meluncurkan Operasi Perisai Musim Semi untuk mengusir pasukan rezim Bashar al-Assad di Idlib. Rezim Suriah yang didukung oleh Rusia memulai serangan baru di provinsi yang dilanda konflik pada bulan Desember.

Dalam beberapa pekan terakhir, serangan rezim Suriah telah menewaskan 60 tentara Turki dan pembalasan oleh pasukan Turki mengakibatkan kematian lebih dari 1.000 pasukan rezim Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6012 seconds (0.1#10.140)