Lusa, Putin-Erdogan Bertemu Bahas Eskalasi di Suriah

Selasa, 03 Maret 2020 - 18:03 WIB
Lusa, Putin-Erdogan Bertemu Bahas Eskalasi di Suriah
Lusa, Putin-Erdogan Bertemu Bahas Eskalasi di Suriah
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin akan mengadakan pembicaraan pada Kamis (5/3/2020) dengan pemimpin Turki Recep Tayyep Erdogan, yang akan melakukan kunjungan kerja ke Rusia. Hal itu diungkapkan oleh Kremlin.

"Ada rencana untuk membahas penyelesaian Suriah, mengingat situasi yang memburuk saat ini di zona eskalasi Idlib," bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh Kremlin seperti disitir dari TASS, Selasa (3/3/2020).

Sebelumnya, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menekankan bahwa Moskow berkomitmen terhadap perjanjian Sochi dan integritas wilayah Suriah.

"Rusia mendukung niat Suriah untuk terus berperang melawan teroris dan kelompok-kelompok teror, termasuk yang ditempatkan dalam daftar kelompok-kelompok teror Dewan Keamanan PBB, dan tentu saja sangat mementingkan untuk bekerja sama dengan mitra Turki," kata Peskov.

Namun Peskov menekankan bahwa posisi Moskow pada pembicaraan mendatang akan konsisten dan tidak berubah.

"Sikap ini diuraikan di berbagai tingkat oleh Presiden Putin, Menteri Luar Negeri (Sergey Lavrov) dan juga kelompok kerja antar departemen dan delegasi antar departemen yang telah bekerja dengan rekan-rekan Turki selama beberapa hari terakhir," urai Peskov.

Situasi di Idlib semakin memanas setelah Turki melancarkan serangan skala penuh. Aksi militer itu berpotensi menimbulkan perang terbuka antarkedua negara.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5289 seconds (0.1#10.140)