alexametrics

KBRI Turki Pastikan Jamaah Umrah Asal Indonesia Pulang Secepatnya

loading...
KBRI Turki Pastikan Jamaah Umrah Asal Indonesia Pulang Secepatnya
Kedubes Indonesia di Turki pastikan jamaah umrah asal Indonesia akan pulang secepatnya. Foto/Dok.Sindonews
A+ A-
ANKARA - Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Ankara dan Konsulat Jenderal Indonesia (KJRI) di Istanbul, Turki, terus memastikan ratusan jamaah umrah asal Indonesia yang ke Tanah Suci melalui Turki dapat segera dipulangkan dengan aman.

"Menteri Luar Negeri (Menlu) terus memantau penanganan WNI jamaah umrah di berbagai airport di Timur Tengah, termasuk Turki. Segera setelah Pemerintah Saudi umumkan kebijakannya, sesuai arahan Menlu kami langsung berkoordinasi dengan Turkish Airlines," ujar Dubes Indonesia untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal.

"Kemarin malam 74 WNI jamaah umrah dipulangkan dari Istanbul. Malam ini 93 orang akan dipulangkan dan besok 120 orang. Seluruhnya dengan Turkish Airlines yang menuju Jakarta, Denpasar maupun Singapura. Semua akan dipulangkan ke daerah asal tanpa dikenai biaya tambahan apapun dan pada saat situasi sudah dimungkin mereka akan diterbangkan untuk umrah tanpa dikenai biaya tambahan," imbul Iqbal dalam rilis yang diterima Sindonews, Jumat (28/2/2020).



Berdasarkan data yang ada, terdapat 310 jamaah umrah asal Indonesia di Istanbul dan 910 orang di Arab Saudi yang terbang menggunakan Turkish Airlines. Dengan 287 yang sudah berhasil dipulangkan hingga besok, masih akan ada sekitar 933 yang akan dipulangkan secara bertahap di hari-hari selanjutnya. Sebagian sudah menjalankan umrah dan akan melanjutkan perjalanan wisata di Turki sebelum kembali ke Indonesia.

Dalam rilisnya, pihak KBRI menyatakan, KJRI Istanbul terus berikan pendampingan kepada jamaah asal Indonesia, khususnya saat proses di bandara maupun selama berada di Istanbul dan sekitarnya.

Sebelumnya Kerajaan Arab Saudi menangguhkan pelaksanaan ibadah umrah jamaah asing untuk mencegah penyebaran masuk dan menyebarnya virus Corona baru, Covid-19. Penangguhan umrah ini diumumkan Kementerian Luar Negeri setempat, Kamis (27/2/2020). (Baca: Cegah Masuk Virus Corona, Arab Saudi Tangguhkan Umrah)
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak