alexametrics

Kemlu Benarkan 1 WNI Terinfeksi Virus Corona di Taiwan

loading...
Kemlu Benarkan 1 WNI Terinfeksi Virus Corona di Taiwan
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia membenarkan adanya satu warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi virus Corona baru, Covid-19 di Taiwan. Foto/Reuters
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia membenarkan adanya satu warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi virus Corona baru, Covid-19 di Taiwan. Kemlu juga membenarkan bahwa WNI tersebut bekerja di Taiwan secara ilegal.

"Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei telah menerima informasi dari otoritas Taiwan bahwa terdapat satu orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terkonfirmasi positif kasus Covid-19 di Taipei," kata Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu RI, Judha Nugraha.

Pekerja migran tersebut berstatus undocumented dan bekerja merawat orang tua. Saat ini yang bersangkutan dirawat di ruang isolasi di rumah sakit di Taipei dan kondisinya stabil," sambungnya pada Kamis (27/2/2020).



Judha kemudian menuturkan, KDEI Taipei telah berkoordinasi dengan otoritas kesehatan Taiwan untuk memastikan yang bersangkutan ditangani sebaik mungkin dan akan terus memantau secara dekat kondisi WNI tersebut.

Sebelumnya diwartakan, seorang wanita asal Indonesia menjadi orang ke-32 di Taiwan yang dikonfirmasi telah terinfeksi Covid-19.

Pihak berwenang di Taiwan percaya bahwa wanita Indonesia yang berusia 30-an tahun itu terinfeksi Covid-19 sambil merawat pasien ke-27 yang dikonfirmasi dengan penyakit tersebut. Pasien ke-27 itu adalah seorang pria berusia 80-an tahun.

Pekerja migran asal Indonesia yang belum diketahui identitasnya itu merawat pasien ke-27 mulai 11 hingga 16 Februari 2020. Ketika pihak berwenang menemukan bahwa dia adalah pekerja ilegal, mereka mulai mencari keberadaannya.

Pejabat berhasil menemukan dia pada awal pekan ini dan pada saat itu dia sudah merawat pasien lain di rumah sakit lain. Pada malam setelah penangkapan itu, dia ditempatkan di ruang isolasi dan secara resmi didiagnosis terinfeksi virus Corona baru pada hari Rabu kemarin.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak