alexametrics

Wanita Indonesia Terinfeksi Virus Corona di Taiwan dan Sempat Diburu

loading...
Wanita Indonesia Terinfeksi Virus Corona di Taiwan dan Sempat Diburu
Para staf medis di Rumah Sakit Pusat Wuhan yang berjuang melawan wabah Covid-19. Foto/The Central Hospital of Wuhan via Weibo/REUTERS
A+ A-
TAIPEI - Seorang wanita asal Indonesia menjadi orang ke-32 di Taiwan yang dikonfirmasi telah terinfeksi virus Corona baru, Covid-19. Dia bekerja secara ilegal sebagai perawat dan sudah merawat pasien lain di rumah sakit yang berbeda ketika ditangkap pihak berwenang.

Pihak berwenang di Taiwan percaya bahwa wanita Indonesia yang berusia 30-an tahun itu terinfeksi Covid-19 sambil merawat pasien ke-27 yang dikonfirmasi dengan penyakit tersebut. Pasien ke-27 itu adalah seorang pria berusia 80-an tahun.

Pekerja migran asal Indonesia yang belum diketahui identitasnya itu merawat pasien ke-27 mulai 11 hingga 16 Februari 2020.



Setelah pria lanjut usia itu didiagnosis terinfeksi Covid-19 pada Minggu (23/2/2020), keberadaan wanita Indonesia tersebut menjadi misteri. Ketika pihak berwenang menemukan bahwa dia adalah pekerja ilegal, mereka mulai mencari keberadaannya.

Pejabat berhasil menemukan dia pada Senin (24/2/2020), dan pada saat itu dia sudah merawat pasien lain di rumah sakit lain. Mengutip laporan Taiwan News, Kamis (27/2/2020), pada malam setelah penangkapan itu, dia ditempatkan di ruang isolasi dan secara resmi didiagnosis terinfeksi virus Corona baru pada hari Rabu kemarin.

Chuang Jen-hsiang, wakil direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Taiwan, mengatakan bahwa mereka yang melakukan kontak dengan wanita dan pria lanjut usia di rumah sakit telah melakukan tes dan hasilnya negatif Covid-19.

Namun, pihak bewenang mereka masih mencari orang lain yang melakukan kontak dengan wanita tersebut di luar rumah sakit.

Chuang mengatakan bahwa wanita itu memiliki gejala ringan dan saat ini tinggal di bangsal isolasi rumah sakit.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak