alexametrics

Pertama Kali, Arab Saudi Gelar Liga Sepak Bola Wanita

loading...
Pertama Kali, Arab Saudi Gelar Liga Sepak Bola Wanita
Seremoni peluncuran Liga Sepak Bola Wanita Arab Saudi di Riyadh hari Senin lalu. Foto/Arab News/Bashir Saleh
A+ A-
RIYADH - Otoritas olahraga Arab Saudi membuat gebrakan dengan meluncurkan Liga Sepak Bola Wanita (WFL) untuk pertama kalinya di kerajaan tersebut. WFL diluncurkan Federasi Olahraga untuk Semua Saudi (SFA) pada hari Senin lalu di Riyadh.

Ini adalah inisiatif terbaru yang dipimpin oleh Presiden SFA Pangeran Khaled bin Al-Waleed bin Talal untuk mempromosikan kegiatan olahraga akar rumput untuk atlet pemula wanita dan pria di seluruh Arab Saudi.

"Pengembangan WFL terjadi karena kami memahami ada kebutuhan untuk sepak bola tingkat komunitas untuk wanita," kata Pangeran Khaled kepada Arab News, yang dilansir Rabu (26/2/2020).



“Liga komunitas ini adalah aktivasi pertama dari banyak olahraga tingkat komunitas yang berbeda untuk wanita, dan itu akan berfungsi sebagai model yang hebat dalam hal infrastruktur liga dan metrik inklusi, berkontribusi pada Saudi Vision 2030 dan program Quality of Life.”

Sepenuhnya didanai oleh SFA, WFL adalah liga tingkat komunitas untuk wanita berusia 17 tahun ke atas.

Pada musim pertamanya, WFL akan berlangsung di Riyadh, Jeddah dan Dammam, dengan lebih banyak kota yang berpotensi bergabung pada waktunya.

Dengan hadiah sebesar SR500.000 (USD133.285) yang dipertaruhkan, WFL akan terdiri dari babak penyisihan yang berlangsung di ketiga kota untuk membentuk juara regional.

Para pemenang maju ke kompetisi sistem gugur untuk menentukan juara nasional WFL Champions Cup dengan tanggal final yang akan diumumkan kemudian hari pada musim ini.

Pangeran Khaled berterima kasih kepada Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud, Putra Mahkota Mohammad bin Salman dan Ketua Ororitas Olahraga Umum Pangeran Abdul Aziz bin Turki Al-Faisal atas dukungan tak terbatas mereka.

"WFL adalah satu lagi lompatan ke depan untuk masa depan negara kita, kesehatan kita, masa muda kita, dan ambisi kita untuk melihat setiap atlet diakui dan diasuh dengan kemampuan mereka sepenuhnya," kata Pangeran Khaled.

Sepak bola wanita adalah salah satu olahraga yang paling cepat berkembang di dunia, dan Piala Dunia FIFA 2019 mengangkat profilnya ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, yakni menginspirasi partisipasi yang lebih besar di seluruh dunia.

Menurut Pangeran Khaled, inspirasi untuk pemain sepakbola wanita di tingkat akar rumput telah datang. "Saya pikir inspirasi besar bagi perempuan muda Saudi untuk terlibat dalam sepak bola tingkat komunitas adalah Tim Hijau Saudi (Saudi Greens Team)," katanya, merujuk pada tim yang semuanya perempuan yang dibentuk oleh SFA.

"Saudi Greens ditempatkan di urutan kedua di Global Goals World Cup tahun lalu, dan ini adalah momen besar bagi para atlet wanita muda di Kerajaan," ujarnya.

Pangeran Khaled memandang WFL sebagai inisiatif penting dari SFA dan pendorong utama di balik realisasi rencana reformasi Saudi Vision 2030, yang mengupayakan masyarakat lebih sehat dan lebih aktif.

Managing Director SFA Shaima Saleh Al-Husseini percaya bahwa WFL akan secara signifikan meningkatkan visibilitas wanita dalam olahraga dan memprioritaskan kebugaran, kesehatan, dan kesejahteraan mereka.

“Memberdayakan perempuan datang melalui program-program positif dan proaktif seperti WFL yang telah dikonseptualisasikan untuk terus memiliki dampak abadi pada kesehatan, kebugaran, dan kesejahteraan,” katanya.

"SFA, berkomitmen untuk menempatkan perempuan di garis depan misi kami untuk menumbuhkan komunitas sehat dan aktif Arab Saudi, terus melibatkan pemangku kepentingan sektor publik dan swasta untuk mewujudkan tujuan ini bersama-sama."

Dia mengatakan ini adalah perubahan kualitatif dalam olahraga wanita di Kerajaan. "Dipelopori oleh Sara Al-Jawini, direktur pengembangan olahraga SFA, federasi mempelajari semua aspek liga baru, melakukan lokakarya berkelanjutan untuk memastikan infrastruktur WFL yang lebih luas dan metrik dampak yang tahan lama," imbuh Al-Husseini.

SFA telah memastikan bahwa lapangan sepak bola siap untuk dimulainya WFL pada bulan Maret 2020, dengan semua tim organisasi dan teknis wanita siap untuk mengelola berbagai komite yang bekerja untuk menggelar liga.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak