alexametrics

Disebut Rasis oleh Capres AS, Ini Jawaban Netanyahu

loading...
Disebut Rasis oleh Capres AS, Ini Jawaban Netanyahu
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Foto/The Times of Israel
A+ A-
TEL AVIV - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menanggapi tudingan rasis yang dilontarkan salah satu calon presiden (capres) Partai Demokrat Bernie Sanders. Ia menyatakan Sanders salah jika menyebutnya sebagai sosok yang rasis.

"Apa yang saya pikirkan tentang masalah ini adalah bahwa dia benar-benar salah. Tidak ada pertanyaan tentang itu," kata Netanyahu ketika ditanya di Radio Tentara Israel tentang apa yang disebut pewawancara sebagai serangan pribadi Sanders padanya seperti dikutip dari Reuters, Kamis (27/2/2020).

Sanders, yang telah kritis terhadap kebijakan pemimpin sayap kanan itu terhadap Palestina, menggambarkan Netanyahu sebagai seorang rasis reaksioner yang sekarang menjalankan Israel. (Baca: Capres AS Ini Sebut Netanyahu Sebagai Sosok Rasis)



Ditanya kemungkinan konfrontasi dengan Sanders seandainya ia berhasil menduduki Gedung Putih, Netanyahu mengatakan bahwa sebagai perdana menteri ia telah menghadapi sikap oposisi presiden AS terhadap kebijakannya sebelumnya dan akan dapat melakukannya lagi.

Netanyahu memiliki hubungan pertikaian dengan Barack Obama, pendahulu Presiden Donald Trump, dengan kesepakatan nuklir Iran dan kebijakan penyelesaian Israel di wilayah gesekan utama yang diduduki Tepi Barat.

Netanyahu tengah berjuang untuk kelangsungan politiknya dalam pemilu pada Senin mendatang. Ini adalah pemilu ketiga dalam waktu kurang dari setahun setelah pemungutan suara yang tidak meyakinkan pada bulan April dan September.

Selama kampanye, Netanyahu menghindari berkomentar langsung tentang pemilihan AS.

Tetapi dia memuji Trump sebagai sahabat Israel yang pernah ada di Gedung Putih, mencatat keputusan presiden untuk menarik diri dari perjanjian nuklir Iran 2015, mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan memindahkan kedutaan AS ke kota Yerusalem.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak