AS: Rezim Teheran Bertanggung Jawab Atas Penyebaran Virus Corona di Iran

Rabu, 26 Februari 2020 - 21:25 WIB
AS: Rezim Teheran Bertanggung Jawab Atas Penyebaran Virus Corona di Iran
AS: Rezim Teheran Bertanggung Jawab Atas Penyebaran Virus Corona di Iran
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menyalahkan pemerintah Iran atas penyebaran virus Corona, Covid-19 di negara tersebut. Iran saat ini menjadi negara dengan tingkat kematian tertinggi kedua Covid-19 setelah China.

"Jika ada yang harus disalahkan atas penyebaran cepat virus corona di Iran, itu adalah rezim Iran sendiri," kata Kementerian Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (26/2/2020).

Kementerian itu mengatakan bahwa rezim Teheran terkenal kerap berbohong kepada rakyatnya, bahkan dengan risiko besar untuk keselamatan dan kesejahteraan mereka.

"Kami melihat ini ketika rezim berulang kali berbohong dan berusaha menutupi kesalahannya yang menyedihkan dalam penembakan sebuah pesawat sipil Ukraina pada Januari, menewaskan semua 176 orang di dalamnya, termasuk banyak warga Iran," ucapnya.

Menurut kementerian itu, ada tuduhan bahwa pihak berwenang Iran tidak secara akurat melaporkan jumlah orang yang terinfeksi dan meninggal akibat virus tersebut. "Ada laporan luas bahwa pejabat rezim bertindak untuk menyembunyikan informasi yang akurat tentang wabah saat ini," tukasnya.

Sebelumnya, Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan virus Corona tidak boleh menjadi "senjata musuh" yang mencegah bisnis di Iran. "Virus Corona seharusnya tidak dijadikan senjata musuh kita untuk dapat mematikan pekerjaan dan produksi di negara ini," kata Rouha
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5552 seconds (0.1#10.140)