alexametrics

Gordost Musulman, Masjid Terbesar di Eropa Berlokasi di Chechnya

loading...
Gordost Musulman, Masjid Terbesar di Eropa Berlokasi di Chechnya
Masjid Gordost Musulman. FOTO/RBTH
A+ A-
GROZNY - Berdiri di atas lahan seluas 5,3 hektare, Gordost Musulman atau yang bermakna Kebanggan Muslim ini diklaim sebagai yang terbesar seantero Eropa. Masjid yang berlokasi di Chechnya, salah satu negara bagian Rusia, memadukan gaya arsitektur Arab, Persia, Asia Tengah, dan Byzantium.

Masjid ini diresmikan oleh Presiden Chechnya, Ramzan Kadyrov pada bulan Agustus tahun 2019 lalu. Terletak di kota Shali, 33 km di tenggara Ibu Kota Chechnya, Grozny, masjid itu mampu menampung 30 ribu jemaah di dalam dan 70 ribu di luar.

Melansir RBTH, dengan kata lain masjid itu dapat menampung seluruh penduduk kota Shali yang berjumlah sekitar 54 ribu jiwa. Masjid ini memiliki kubah utama setinggi 40 meter dengan empat menara masing-masing setinggi 63 meter.



Baik eksterior maupun interior masjid terbuat dari marmer yang dibawa dari Pulau Thassos, Yunani. Marmer itu sama dengan yang digunakan di Masjidil Haram, Mekkah. Pembangunan masjid itu diketahui memakan waktu sekitar tujuh tahun atau sejak 2012, yang dapat tergolong cukup cepat bila melihat ukuran dan detail dari masjid tersebut.

Presiden Rusia, Vladimir Putin menyebut pembangunan masjid ini adalah sebuah momen penting bagi penduduk Shali dan seluruh Republik Chechnya yang memeluk Islam.

"Masjid baru ini akan menjadi pusat spiritual dan pendidikan muslim, pusat penyebaran nilai-nilai Islam yang sejati dan abadi, serta pusat kehidupan beragama dan budaya umat Islam di seluruh wilayah ini," ucap Putin.

"Saya yakin bahwa masjid megah ini, salah satu yang terbesar di Eropa, akan membantu memperkenalkan sejarah dan tradisi keagamaan orang tua dan nenek moyang kita kepada masyarakat luar, terutama kepada kaum muda, dan mempererat perdamaian serta keharmonisan di tengah masyarakat kita. Saya harap Anda semua sukses,” sambungnya.

Sementara itu, Kadyrov, dalam sambutannya saat pembukaan masjid itu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pembangunan masjid tersebut.

“Kita telah menjadi tamu dalam acara penting ini, pembukaan rumah Allah SWT yang dirahmati. Desain masjid ini betul-betul unik, sementara ukuran dan kecantikannya tiada tara. Masjid ini dinamai menurut Nabi Muhammad SAW,” kata Kadyrov.

Penasihat Pemimpin Chechnya Amruddi Edilgiriev, yang mengawasi pembangunan masjid-masjid di seluruh Chechnya, menjelaskan mengapa masjid rancangan arsitek Uzbekistan Abdukahar Turdiev itu dinamai Gordost Musulman.

“Seluruh umat Islam akan bangga dengan bangunan megah ini. Masjid ini bahkan sudah masuk ke dalam daftar tiga masjid paling indah setelah Mekkah (Masjidil Haram) dan Madinah (Masjid Nabawi),” ujarnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak