alexametrics

Pompeo Sindir China dalam Kunjungan Terakhir di Afrika

loading...
Pompeo Sindir China dalam Kunjungan Terakhir di Afrika
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berbicara di Komisi Ekonomi PBB untuk Afrika di Addis Ababa, Ethiopia. Foto/REUTERS/Tiksa Negeri
A+ A-
ADDIS ABABA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menyindir China saat pidato di depan para pemimpin bisnis Ethiopia pada Rabu (19/2).

Pernyataan Pompeo itu menegaskan kembali kritik AS bahwa pinjaman dari China untuk berbagai proyek infrastruktur besar membuat negara-negara miskin terlilit utang.

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump berupaya melawan pengaruh China di benua Afrika dengan tawaran baru Afrika Sejahtera yang berisi strategi investasi dan perdagangan serta pendirian lembaga baru pendanaan pembangunan US International Development Finance Corporation.



Para pengamat menyatakan pembentukan lembaga baru itu merupakan upaya AS sebagai alternatif dari inisiatif China dalam Belt and Road yang akan menghubungkan China melalui laut dan darat dengan Asia Tenggara, Asia Tengah, Timur Tengah dan Afrika.

"Negara-negara harus khawatir dengan rezim otoriter dan janji kosong mereka," ujar Pompeo saat pidato di Komisi Ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Afrika di ibu kota Ethiopia.

Pompeo menambahkan, "Mereka menyuburkan korupsi, ketergantungan dan ketidakstabilan, bukan kesejahteraan, kedaulatan dan kemajuan."

"Kunjungan Pompeo ke Ethiopia juga untuk menunjukkan dukungan pada reformasi politik Perdana Menteri Abiy Ahmed meski terjadi kekerasan politik sporadis," ungka Kjetil Tronvoll, pakar Ethiopia di Universitas Bjorknes, Oslo.

Ethiopia akan menggelar pemilu pada 29 Agustus dan Abiy berjanji menggelar pemilu bebas dan adil untuk keluar dari puluhan tahun represi.

"Abiy senang dengan apa pun perhatian internasional dan pengakuan yang bisa dia dapat untuk memperkuat posisi politiknya dan memberi legitimasi untuk pertarungan pemilu mendatang," ujar Tronvoll.
(sfn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak