alexametrics

AS Peringatkan Eropa Tak Ikuti Jejak Salah China

loading...
AS Peringatkan Eropa Tak Ikuti Jejak Salah China
Amerika Serikat (AS) memperingatkan Eropa tidak dibodohi dan mengikuti langkah yang salah yang diambil oleh China. Foto/Istimewa
A+ A-
MUNICH -

Amerika Serikat (AS) memperingatkan Eropa tidak dibodohi dan mengikuti langkah yang salah yang diambil oleh China. Peringatan itu disampaikan Menteri Pertahanan AS, Mark Esper dan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompoe di konferensi keamanan Munich, Jerman.

Esper dalam pidatonya di konferensi itu mengungkap ancaman yang ditimbulkan oleh kebangkitan China. Sementara Pompeo membandingkan Beijing dengan Moskow dan Teheran, di mana dia mengatakan itu adalah ancaman bagi Eropa dan Amerika.



"Di bawah pemerintahan Presiden Xi Jinping, Partai Komunis China bergerak lebih cepat dan lebih jauh ke arah yang salah," kata Esper dalam pidatonya, seperti dilansir Channel News Asia pada Mingu (16/2/2020).

"Lebih banyak represi internal, praktik ekonomi yang lebih ganas, lebih berat tangan dan yang paling memprihatinkan bagi saya, postur militer yang lebih agresif. Sangat penting bahwa kita, sebagai komunitas internasional, sadar akan tantangan yang disajikan oleh manipulasi China atas tatanan berbasis aturan internasional yang telah lama menguntungkan kita semua selama beberapa dekade," sambungnya.

Sementara itu, Pompeo memperingatkan bahwa China menimbulkan risiko besar pada gagasan Barat.

Pompeo lalu mengungkap lima wilayah di mana Eropa harus merasakan panas dari China. Lima hal itu menurut Pompeo adalah Huawei, ambisi maritim Beijing, upaya untuk membungkam Taiwan dan Hong Kong, upaya untuk mempengaruhi politik AS dan Eropa dan kehadirannya yang meningkat di Kutub Utara.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak