alexametrics

Saudi pada Iran: Ubah Sikap, Baru Kita Bicara!

loading...
Saudi pada Iran: Ubah Sikap, Baru Kita Bicara!
Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud mengatakan, tidak ada kontak langsung telah terjadi untuk meredakan ketegangan dengan Iran. Foto/Reuters
A+ A-
RIYADH -

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud mengatakan, tidak ada kontak langsung telah terjadi untuk meredakan ketegangan dengan Iran. Dia lalu mengatakan bahwa Teheran pertama-tama perlu mengubah perilakunya sebelum pembicaraan dapat terjadi.

"Pesan kami ke Iran adalah untuk mengubah perilakunya terlebih dahulu sebelum sesuatu dibahas. Pesan kami kepada Iran sudah sangat jelas. Sampai kita dapat berbicara tentang sumber nyata ketidakstabilan itu, pembicaraan akan menjadi tidak produktif," ucapnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (16/2/2020).



Menanggapi pertanyaan tentang apakah telah ada perubahan dalam pendekatan Saudi terhadap Yaman, Pangeran Faisal mengatakan ini bukan perubahan dari pihak Saudi yang dibutuhkan, tetapi dari pihak Houthi.

"Sebenarnya kita lihat setelah serangan September pada fasilitas minyak kita, di mana Iran menyerang fasilitas itu tetapi kemudian mereka meminta Houthi untuk mengaku bertanggung jawab dan saya pikir pelu mengirimkan peringatan kepada Houthi bahwa mereka bukan mitra dengan Iran, tetapi mereka adalah alat bagi rezim Iran untuk digunakan sesuai keinginan mereka," ungkapnya.

"Itu adalah insentif untuk jalur belakang yang selalu hadir untuk mengaktifkan dan kami terus melakukan dialog itu. Ada beberapa eskalasi baru-baru ini tetapi kami berkomitmen untuk menemukan jalan ke depan jika Houthi bersedia memusatkan perhatian mereka pada kepentingan Yaman," ujarnya.

Dia kemudian menuturkan bahwa pesan Saudi selalu konsisten kepada Houthi dan semua pihak di Yaman bahwa mereka harus bekerja untuk memperbaiki Yaman. "Mungkin kita berbeda menegenai apa yang menjadi kepentingan terbaik bagi Yaman, tetapi itu adalah argumen itu lebih berharga daripada menggerakkan agenda para pemain regional,” tukasnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak