alexametrics

Presiden Filipina Duterte: Trump Layak Dipilih Kembali

loading...
Presiden Filipina Duterte: Trump Layak Dipilih Kembali
Presiden AS Donald Trump berjabat tangan dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte di Manila, Filipina, 13 November 2017. Foto/REUTERS/Mark R. Cristino
A+ A-
MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyatakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump layak dipilih kembali. Duterte memuji reaksi Trump atas keputusannya mengakhiri kesepakatan militer dengan AS yang sudah berumur satu dekade.

Trump menyatakan dia tidak masalah dengan keputusan Duterte mengakhiri Kesepakatan Kunjungan Pasukan (VFA) meski Menteri Pertahanan (Menhan) AS Mark Esper menyebut langkah itu disayangkan.

"Ini reaksi berhati-hati dan bijaksana Presiden Trump untuk penghentian VFA yang membuat Presiden Duterte memberi pernyataan berikut: 'Presiden Trump adalah presiden baik dan dia layak dipilih kembali," tutur juru bicara Duterte, Salvador Panelo.



VFA penting bagi aliansi AS-Filipina dan menetapkan berbagai aturan untuk tentara AS yang beroperasi di Filipina yang merupakan bekas wilayah AS.

As menganggap hubungan antara kedua negara itu kuat meski Duterte mengeluhkan sejumlah hal termasuk tuduhan perlakuan buruk oleh AS.

Trump berulang kali mengungkapkan keinginan memulangkan pasukan militer AS dari pengerahan di luar negeri selama beberapa dekade. Trump juga mendesak beberapa aliansinay membayar lebih banyak untuk hak mendapat pertahanan AS.

Trump menyatakan AS membantu Filipina mengalahkan militan Negara Islam (ISIS).

Dalam komentar tentang VFA, Trump menambahkan dia memiliki hubungan sangat baik dengan Duterte.

Keputusan Duterte dapat memperumit kepentingan militer AS di wilayah Asia Pasifik saat ambisi China terus meningkat.
(sfn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak