alexametrics

Korban Tewas Virus Corona Bertambah, Para Pejabat China Dipecat

loading...
Korban Tewas Virus Corona Bertambah, Para Pejabat China Dipecat
Warga memakai masker dan piyama di Shanghai, China. Foto/REUTERS/Aly Song
A+ A-
SHANGHAI - Berlanjutnya wabah virus corona baru di China membuat pemerintah mengambil langkah keras dengan memecat sejumlah pejabat.

Kantor berita Xinhua melaporkan kepala Partai Komunis di Provinsi Hubei telah dipecat dari posisinya. Dia menjadi pejabat terbaru yang dipecat terkait wabah tersebut.

Hubei menjadi pusat wabah virus corona dengan dugaan pasar di ibu kota Wuhan menjadi sumber virus tersebut.



“Mantan Walikota Shanghai Ying Yong telah ditunjuk sebagai sekretaris baru Komisi Partai Komunis China Provinsi Hubei, menggantikan Jiang Chaoliang,” ungkap laporan Xinhua.

Katrina Yu dari Al Jazeera yang melaporkan langsung di Beijing menjelaskan, “Ada banyak kritik tentang informasi tidak transparan dari para pejabat Hubei.”

Sebelumnya, Ketua Komisi Kesehatan Partai Komunis Hubei, Zhang Jin, dan direktur komisi kesehatan, Liu Yingzi juga telah diganti.

Selama wabah Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) yang melanda China pda 2003, pemerintah juga memecat Zhang Wenkang dari posisi menteri kesehatan dan Meng Xuenong dari jabatan walikota Beijing. Zhang diganti oleh Wu Yi, dan Meng diganti oleh saudara iparnya Wang Qishan yang sekarang wakil presiden China.

Komisi kesehatan Hubei juga menjelaskan, pihaknya mulai melakukan diagnosa infeksi melalui metode klinik baru dan telah merevisi data lama dan dugaan kasus.

Total jumlah infeksi di China daratan mencapai 66.492 setelah 2.641 kasus baru dikonfirmasi pada Jumat (14/2). Korban tewas bertambah 143 orang menjadi 1.523 orang.
(sfn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak