alexametrics

Pemimpin Dunia Ramai-ramai Berikan Dukungan kepada China

loading...
Pemimpin Dunia Ramai-ramai Berikan Dukungan kepada China
Foto/Ilustrasi/Sindonews
A+ A-
BEIJING - Sejumlah pemimpin dunia telah menyatakan simpati dan dukungannya kepada China yang tengah memerangi epidemi virus Corona Covid-19.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro mencatat bahwa China telah mengadopsi langkah-langkah inovatif untuk mengatasi epidemi dan telah melakukan upaya besar untuk melindungi rakyatnya, yang menunjukkan keunggulan sistem China. Ia juga menyatakan keyakinannya China akan memenangi pertempuran ini seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (15/2/2020).

Presiden Botswana Mokgweetsi Masisi mengatakan bahwa langkah-langkah komprehensif dan efektif China tidak hanya melindungi rakyatnya sendiri, tetapi juga warga negara asing, yang sepenuhnya menampilkan semangat persahabatan, kebaikan hati, kerja sama, dan koeksistensi.



Dukungan juga datang dari Presiden Tanzania John Magufuli yang menyatakan penghargaannya kepada pemerintah China dalam mengambil langkah cepat dan tegas, dan atas keberanian dan resolusi rakyat China.

Sementara itu Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengatakan, pemerintah dan rakyat China memiliki keberanian dan kekuasaan yang besar. Ia sangat yakin China akan berkoordinasi erat dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengendalikan epidemi virus Corona.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyatakan penghargaan atas langkah tegas dan pasti China untuk mengendalikan dan mencegah virus Covid-19. Ia juga menawarkan bantuan kepada China untuk memenangkan pertempuran melawan virus mematikan tersebut.

Tawaran bantuan juga datang dari Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Trudeau menekankan bahwa masyarakat internasional harus terus bekerja sama pada saat yang sulit dan tidak pasti seperti saat ini.

Ketua Komisi Uni Afrika (AU) Moussa Faki Mahamat, berbicara pada pembukaan KTT AU ke-33, menyampaikan simpati kepada warga China yang menderita akibat virus Corona. Ia pun menyuarakan dukungan penuh untuk China dalam perang melawan epidemi.

Sekretaris Jenderal Liga Arab (AL) Ahmed Aboul Gheit mengatakan Liga Arab menghargai dan mendukung upaya besar China dalam memerangi virus Covid-19. Ia menambahkan bahwa mereka percaya China mampu mengatasi tantangan ini.

Guyana, yang memegang tampuk ketua Kelompok 77 (G77), mengatakan G77 sepenuhnya mendukung upaya besar pemerintah China dalam memerangi Covid-19. Ia menekankan bahwa masyarakat internasional harus menangani epidemi bersama dalam semangat tanggung jawab, transparansi, persatuan dan kerja sama, serta menghindari diskriminasi, stigmatisasi, dan informasi yang salah.

Berbicara pada pembukaan forum global tentang penyakit ini, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, memberikan penghormatan kepada warga China. Ia memuji mereka karena menunjukkan keberanian dan kesabaran pada saat yang sangat sulit ini.

Bersumpah untuk berdiri bersama dengan orang-orang China, Tedros berharap mereka sukses dan sehat sejak dini.

Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO), Vladimir Norov mengatakan, pemerintah dan rakyat China telah mengambil langkah tegas dan efektif untuk memerangi epidemi. Ia pun berjanji bahwa para pemimpin negara-negara SCO dengan tegas dan tanpa syarat mendukung upaya China.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak