alexametrics

Putin Ungkap yang Dilakukan Rusia Jika Senjata Nuklir Jadi Kuno

loading...
Putin Ungkap yang Dilakukan Rusia Jika Senjata Nuklir Jadi Kuno
Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/Sputnik/ Alexey Druzhinin
A+ A-
MOSKOW - Presiden Vladimir Vladimirovich Putin sudah memikirkan senjata nuklir pada akhirnya nanti akan menjadi senjata kuno atau kurang efektif. Dia memastikan Rusia akan mengadopsi jenis senjata lain yang lebih canggih jika apa yang dia pikirkan itu terjadi.

Pengungkapan rencana pengembangan senjata yang lebih canggih itu disampaikan Putin ketika mengomentari prospek yang berpotensi mengabadikan status Rusia sebagai kekuatan nuklir dalam konstitusi negara itu tersebut. Dia berpendapat pengabadian seperti itu tidak perlu.

Dalam pertemuannya dengan kelompok kerja yang bertugas menyiapkan amandemen baru konstitusi Rusia, Putin menjelaskan bahwa suatu hari nanti senjata nuklir kemungkinan menjadi usang atau kuno.



"Ini bukan tentang kita menjadi kekuatan nuklir hari ini, melainkan tentang kita selalu selangkah lebih maju dalam hal semua sistem senjata terbaru," kata Presiden Rusia tersebut, yang menambahkan bahwa prediksi sistem persenjataan menjadi usang bukan hanya senjata nuklir saja.

Dia juga mencatat bagaimana pakar-pakar tertentu di luar negeri bekerja membuat senjata nuklir yang tidak berguna bagi pemiliknya, dan bagaimana upaya untuk menggagalkan kemampuan senjata nuklir Rusia melalui sistem pertahanan rudal anti-balistik yang digagalkan secara bergantian dengan pengembangan senjata hipersonik.

"Sudah jelas bahwa Rusia harus selangkah lebih maju dalam hal potensi pertahanan, tetapi saya tidak yakin sekarang apakah itu harus ditulis dalam Konstitusi," ujar orang nomor satu Kremlin ini, seperti dikutip Sputniknews, Jumat (14/2/2020).

Presiden Putin melanjutkan, untuk sementara, di beberapa titik, senjata nuklir kemungkinan menjadi tidak seefektif sekarang. "(Namun) status (kekuatan) nuklir Rusia akan tetap penting untuk waktu yang lama," ujarnya.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak