alexametrics

Tolong Buaya Berkalung Ban di Indonesia, Matt Wright Gunakan Drone

loading...
Tolong Buaya Berkalung Ban di Indonesia, Matt Wright Gunakan Drone
Buaya di Sungai Palu, Sulawesi Tengah, tersangkut ban di lehernya. Foto/REUTERS
A+ A-
PALU - Pakar buaya asal Australia, Matt Wright, bergabung dengan tim Indonesia untuk menolong buaya di Sungai Palu, Sulawesi Tengah, yang lehernya tersangkut ban sepeda motor. Dalam aksinya, mereka menggunakan perangkap yang diberi umpan bebek, drone dan bahkan tombak.

Matt Wright, yang merupakan pembawa acara Monster Croc Wrangler dari National Geographic, ikut terpanggil untuk menyelamatkan reptil yang tersiksa tersebut.

"Itu (tombak) tidak melukai buaya," kata Wright kepada wartawan di kota Palu. "Itu hanya berjalan sedikit. Ini seperti menindik telinga Anda," ujar pecinta reptil tersebut.



Wright mengatakan kepada lebih dari 200.000 follower di Instagram bahwa timnya telah menjebak buaya itu pada hari Rabu (13/2/2020). Namun, upayanya belum membuahkan hasil.

Menurutnya, menangkap binatang buas yang lebih besar adalah sebuah tantangan, karena lingkungan yang keras dan fakta bahwa satwa itu tidak lapar karena banyak makanan di sungai. (Baca: Sayembara Buaya Muara Berkalung Ban Dihentikan BKSDA Sulteng)

"Jika kami tidak membawanya bersama saya ke sini, anak-anak akan menjaga perangkap. Mereka akan terus berusaha," ujar Wright.

"Kami mungkin tidak akan menangkapnya dalam dua hari...tapi akhirnya kami harus menangkapnya," paparnya, seperti dikutip AFP.

Wright, yang bergabung dengan sesama "penakluk" buaya asal Australia, Chris Wilson, bekerja sama dengan lembaga konservasi setempat, yang telah berjuang selama bertahun-tahun untuk menyelamatkan buaya tersebut.

Buaya ini telah menjadi berita utama bulan lalu setelah Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah meluncurkan sayembara berhadiah uang yang tidak ditentukan kepada setiap individu yang berani menangkap satwa sepanjang empat meter tersebut. Sayembara yang telah dihentikan itu bermaksud untuk menolong buaya tersebut dari jerat ban sepeda motor.

Wislon mengatakan ribuan penonton yang penasaran dan telah datang untuk menonton kemungkinan menghalangi upaya penyelamatan. "(Buaya) ini sangat licik dan sangat cerdas," katanya.

"Dia kenal orang, jadi dia takut pada orang. Ketika Anda mencoba dan mendekatinya, dia akan tenggelam," ujarnya.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak