Lavrov: Setiap Upaya Gulingkan Pemerintah Venezuela Patut Dikecam

Minggu, 09 Februari 2020 - 20:51 WIB
Lavrov: Setiap Upaya Gulingkan Pemerintah Venezuela Patut Dikecam
Lavrov: Setiap Upaya Gulingkan Pemerintah Venezuela Patut Dikecam
A A A
MOSKOW -

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, Moskow menganggap setiap upaya untuk menggulingkan pemerintah Venezuela benar-benar tidak dapat diterima. Lavrov menuturkan, Rusia akan berusaha membuat setiap upaya menggulingkan pemerintah Venezuela mendapat kecaman luas dari komunitas internasional.

"Sayangnya, krisis saat ini di sekitar Venezuela berasal dari upaya untuk menggelar kampanye besar-besaran yang ditujukan untuk menggulingkan pemerintah yang sah menggunakan semua opsi yang mungkin, termasuk penggunaan kekuatan, seperti yang dinyatakan oleh penyelenggara kampanye ini," ucap Lavrov.

"Kami menganggap skenario seperti itu benar-benar tidak dapat diterima dan tidak akan membiarkan upaya mereka dikutuk oleh komunitas dunia," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Tass pada Minggu (9/2/2020).

Dia kemudian mengatakan, Rusia terus mengangkat masalah ini baik dalam kontaknya dengan Amerika Serikat (AS) dan di Dewan Keamanan (DK) PBB. Di mana, dia menyebut, Moskow menuntut semua tetap berkomitmen untuk kewajiban internasional mereka di bawah Piagam PBB, seperti penyelesaian perselisihan dengan damai berarti, tidak menggunakan kekuatan dan ancaman kekuatan, dan campur tangan dalam urusan dalam negeri negara berdaulat.

Terlepas dari itu, Lavrov menekankan bahwa Venezuela adalah mitra lama Rusia di Amerika Latin dan di dunia.

"Kami memuji kebijakan independen negara Anda di arena internasional. Kami ingin Venezuela, seperti negara lain, menjadi mandiri, stabil secara politik, dan berhasil berkembang," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4362 seconds (0.1#10.140)