Erdogan Balas Dendam dengan F-16 Turki, 30 Tentara Suriah Tewas

Senin, 03 Februari 2020 - 15:04 WIB
Erdogan Balas Dendam dengan F-16 Turki, 30 Tentara Suriah Tewas
Erdogan Balas Dendam dengan F-16 Turki, 30 Tentara Suriah Tewas
A A A
ANKARA - Sekitar 30 hingga 35 tentara rezim Suriah tewas setelah Turki membalas dendam atas kematian empat tentaranya yang tewas ditembali di Idlib, Suriah, Senin (3/2/2020). Angka kematian tentara Presiden Suriah Bashar al-Assad itu disampaikan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Aksi saling serang di Idlib ini pecah ketika upaya untuk menciptakan gencatan senjata telah gagal beberapa kali. Erdogan mengatakan operasi militer Ankara sedang berlangsung di Idlib untuk mengekspresikan tekad guna mencegah serangan rezim Assad yang tak henti-hentinya di wilayah tersebut.

"Mereka yang menguji tekad Turki mengenai Idlib Suriah dengan serangan berbahaya seperti itu akan menyadari kesalahan mereka," kata Erdogan kepada wartawan sebelum keberangkatannya ke Ukraina. (Baca: Ditembaki Pasukan Suriah di Idlib, 4 Tentara Turki Tewas, 9 Luka )

Dia mencatat bahwa jet tempur F-16 dan meriam Turki terus melakukan serangan terhadap target pasukan rezim Suriah di Idlib. "Kami menargetkan sekitar 40 tempat," kata presiden Erdogan, seperti dikutip Daily Sabah.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Turki mengonfirmasi empat tentara Ankara tewas dan sembilan lainnya luka-luka, salah satunya luka serius, dalam penembakan oleh pasukan pemerintah Assad di wilayah Idlib, hari ini.

Menurut kementerian itu, pasukan Ankara membalas serangan dan menghancurkan target di wilayah Idlib. Kementerian mengklaim pasukan Suriah nekat mengumbar tembakan meskipun telah diberitahu posisi pasukan Turki sebelumnya.

Pasukan Ankara diserang hanya sehari setelah tiga konvoi besar militernya memasuki wilayah Suriah dari perbatasan Kafrlosin, hari Minggu atau dua hari setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan menuduh Rusia, sekutu rezim Suriah, melanggar untuk meredam pertempuran di Idlib.

Masuknya tiga konvoi militer Ankara itu dilaporkan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia. Konvoi pertama terdiri dari 40 tank, kendaraan lapis baja, dan pengangkut pasukan, peralatan militer dan logistik.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3563 seconds (0.1#10.140)