Dua Pembom Blackjack Rusia Masuki Wilayah ADIZ Kanada

Sabtu, 01 Februari 2020 - 18:07 WIB
Dua Pembom Blackjack Rusia Masuki Wilayah ADIZ Kanada
Dua Pembom Blackjack Rusia Masuki Wilayah ADIZ Kanada
A A A
WASHINGTON - Dua pesawat pembom strategis Rusia, Tu-160 Blackjack, teridentifikasi memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Kanada pada Jumat (31/1/2020). Demikian pengumuman yang dikeluarkan Komando Pertahanan Aerospace Amerika Utara (NORAD).

"Pesawat Rusia tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak memasuki wilayah udara berdaulat Amerika Serikat atau Kanada," bunyi pesan NORAD seperti dikutip dari Defence Blog, Sabtu (1/2/2020).

NORAD adalah pusat komando binasional yang berfokus pada pertahanan AS dan Kanada. Badan ini memberikan respons terhadap potensi ancaman kedirgantaraan tidak membedakan antara kedua negara, dan menarik pasukan dari kedua negara.

"Musuh kita terus melenturkan sistem senjata jarak jauh mereka dan terlibat dalam upaya yang semakin agresif, untuk memasukkan pendekatan ke Amerika Serikat dan Kanada," kata Komandan NORAD Jenderal O'Shaughnessy.

"NORAD digerakkan oleh prioritas tunggal yang keras: membela AS dan Kanada, tanah air kita, dari serangan," tegasnya.

NORAD menggunakan jaringan pertahanan radar, satelit, dan pesawat tempur berlapis untuk mengidentifikasi pesawat dan menentukan respons yang sesuai. Identifikasi dan pemantauan pesawat yang memasuki ADIZ AS atau Kanada menunjukkan bagaimana NORAD menjalankan misi pengawasan kedirgantaraan dan kontrol kedirgantaraannya untuk AS dan Kanada.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4481 seconds (0.1#10.140)