Rusia Kembangkan Radar Deteksi Drone Kecil

Senin, 27 Januari 2020 - 02:03 WIB
Rusia Kembangkan Radar Deteksi Drone Kecil
Rusia Kembangkan Radar Deteksi Drone Kecil
A A A
MOSKOW - RTI Joint Stock Company, pengembang dan produsen produk teknologi tinggi Rusia menyatakan akan membuat radar baru yang beroperasi dalam rentang frekuensi terahertz. Radar ini, menurut RTI mampu menentukan drone terkecil.

"Teknologi terahertz (yang menampilkan panjang gelombang radio di bawah satu milimeter) akan dikonversi menjadi produk dalam waktu lima tahun. Radar ini dapat mendeteksi drone kecil, dan berfungsi di ruang angkasa," kata CEO RTI, Pavel Laptayev.

Dia mengatakan, radar submillimeter memungkinkan sinar diarahkan pada objek yang relatif kecil dengan presisi luar biasa, tidak mungkin untuk rentang lain, dan mengidentifikasi bentuk, bahan, kecepatan, dan lintasannya.

Laptayev mengakui bahwa RTI berhasil mencapai keberhasilan yang signifikan dalam rentang terahertz hanya pada tahun 2019, dengan perusahaan menguasai komponen untuk teknologi tersebut, dan belajar mengidentifikasi objek dan bahan.

Menurut Laptayev, seperti dilansir Tass, spesialis RTI sekarang tengah mengejarkan perangkat lunak radar yang dapat dengan cepat dan efektif akan mengklasifikasikan target dan menyampaikan informasi ini kepada operator.

"Tugas ini akan memakan waktu lebih lama daripada membuat prototipe, karena ini membutuhkan pengumpulan data dan penerapan metode pembelajaran mesin," ujarnya.

Drone kecil dianggap sebagai ancaman serius karena mereka dapat diketahui oleh radar konvensional, terutama ketika terbang di ketinggian rendah dan kecepatan rendah.

Contohnya adalah pesawat tanpa awak yang dilengkapi dengan bahan peledak, menyerang dua kilang terbesar Saudi Aramco pada 14 September 2019. Ledakan dan kebakaran yang disebabkan oleh serangan tersebut membuat produksi harian Arab saudi turun dari 9,8 juta barel per hari menjadi 4,1 juta barel per hari.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4137 seconds (0.1#10.140)