alexametrics

Bertemu Netanyahu, Macron: Iran Tidak Boleh Memiliki Senjata Nuklir

loading...
Bertemu Netanyahu, Macron: Iran Tidak Boleh Memiliki Senjata Nuklir
Presiden Prancis Emmanuel Macron memulai kunjungannya ke Israel dengan bertemu Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Foto/Istimewa
A+ A-
TEL AVIV - Presiden Prancis Emmanuel Macron memulai kunjungannya ke Israel dengan bertemu Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di kediaman resminya di Yerusalem. Menurut kantor perdana menteri Israel, keduanya membahas program nuklir Iran dan masalah keamanan regional dari Libya ke Turki.

Usai pertemuan, Macron mengatakan Prancis bertekad mencegah Iran mendapatkan senjata nuklir. Prancis juga ingin menghindari eskalasi militer di Timur Tengah.

"Dalam konteks saat ini, Perancis bertekad bahwa Iran tidak pernah memperoleh senjata nuklir, tetapi juga bahwa kita menghindari semua eskalasi militer di kawasan itu," kata Macron seperti dikutip dari Asharq Al-Awsat, Rabu (22/1/2020).



Sementara itu kantor Netanyahu mengatakan pemimpin Israel mendesak Macron untuk menekan Iran atas apa yang disebutnya sebagai agresi di wilayah tersebut.

Prancis, bersama dengan Inggris dan Jerman, menyatakan Iran melanggar pakta nuklir 2015 pekan lalu dan mereka meluncurkan mekanisme perselisihan yang dapat melihat masalah tersebut dirujuk kembali ke Dewan Keamanan dan penerapan kembali sanksi PBB. (Baca: Trio Eropa Aktifkan Mekanisme Perselisihan, JCPOA Terancam Kolaps)

Perselisihan nuklir telah menjadi inti dari eskalasi antara Washington dan Teheran yang meledak menjadi konfrontasi militer dalam beberapa pekan terakhir.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak