Video Badai Debu Dahsyat 'Menelan' Kota di Australia

Selasa, 21 Januari 2020 - 20:49 WIB
Video Badai Debu Dahsyat Menelan Kota di Australia
Video Badai Debu Dahsyat 'Menelan' Kota di Australia
A A A
CANBERRA - Australia terus dilanda bencana tiada henti. Seolah-olah kebakaran hutan yang meluas dan badai es belum cukup, kini badai debu yang dahsyat melanda sejumlah wilayah di New South Wales, Australia, untuk menutup akhir pekan dari cuaca buruk yang intens.

Sebuah video menunjukkan dinding tanah yang cukup besar menimpa warga Australia yang hanya bisa menonton sebelum akhirnya seluruh area diselimuti debu. Penduduk di kota Narromine, Parkes, dan Dubbo di New South Wales hanya bisa memandang dengan kagum ketika gulungan debu semakin besar sebelum akhirnya menelan semua yang ada dihadapannya.

Biro Meteorologi Australia sebelumnya telah mengeluarkan peringatan untuk badai petir dan angin selama akhir pekan, karena kondisi cuaca memungkinkan untuk menghasilkan "tembok" debu setinggi ratusan kaki. Hembusan debu itu mencapai kecepatan hingga 107 km/jam di kota Dubbo dan 94 km per jam di Parkes.

Satelit MODIS NASA mengamati awan debu besar yang berkumpul di tengah-tengah negara itu sejak sekitar 11 Januari. Pemicunya adalah kekeringan yang berkepanjangan, diperburuk oleh kebakaran hutan yang baru-baru ini melanda negera itu.

“Badai debu yang mempengaruhi bagian barat tengah New South Wales adalah konsekuensi langsung dari dua tahun kekeringan dan tutupan vegetatif yang sangat berkurang di permukaan tanah,” kata Stephen Cattle, seorang ilmuwan tanah di University of Sydney seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (21/1/2020).

Di tempat lain, hujan dan hujan es menghantam bagian lain Australia, dengan puluhan mobil mengalami kerusakan setelah hujan es yang mengerikan.

(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3066 seconds (0.1#10.140)