Iran Dilaporkan Persiapkan Peluncuran Satelit

Minggu, 19 Januari 2020 - 23:43 WIB
Iran Dilaporkan Persiapkan Peluncuran Satelit
Iran Dilaporkan Persiapkan Peluncuran Satelit
A A A
TEHERAN - Iran mengatakan bahwa dua satelit yang baru dibangun telah lulus uji pra-peluncuran. Kedua satelit itu, menurut Iran, akan diangkut ke pusat luar angkasa negara untuk kemudian diluncurkan di orbit.

Menteri Telekomunikasi Iran, Mohammad Javad Azari Jahromi melalui akun Twitternya, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (19/1/2020), menyebut perkembangan terbaru tersebut sebagai langkah penelitian penting bagi Iran.

Iran belum mengatakan kapan akan meluncurkan satelit, tetapi sering mengkoordinasikan peluncurannya dengan saat hari libur nasional. Iran akan merayakan ulang tahun ke 41 Revolusi Islam pada bulan depan.

Media Iran melaporkan bahwa satelit Zafar masing-masing memiliki empat kamera warna beresolusi tinggi dan akan memantau serta mengirimkan data tentang sumber daya alam serta perkembangan pertanian dan lingkungan.

Iran mengatakan, program satelitnya, seperti kegiatan nuklirnya, ditujukan untuk penelitian ilmiah dan aplikasi sipil lainnya. Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat lainnya telah lama curiga terhadap program ini karena teknologi yang sama dapat digunakan untuk mengembangkan rudal jarak jauh.

Teheran telah mencoba dan gagal meluncurkan dua satelit ke orbit pada Januari dan Februari tahun lalu.

Sebuah roket meledak di dalam Pusat Luar Angkasa Imam Khomeini pada bulan Agustus, dalam apa yang disebut para pejabat Teheran sebagai peluncuran uji coba. Pejabat Iran tidak mengakui kecelakaan itu sampai citra satelit menunjukkan ledakan. Para pejabat Iran menyalahkan kerusakan teknis.

Dalam insiden terpisah, kebakaran menewaskan tiga peneliti di pusat luar angkasa, yang berjarak sekitar 240 kilometer tenggara ibukota, Teheran. Iran telah mengirim beberapa satelit ke orbit selama dekade terakhir, dan pada 2013 mereka meluncurkan seekor monyet ke luar angkasa.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3209 seconds (0.1#10.140)