Demi Keamanan Kawasan, Iran Tegaskan Siap Dialog dengan Saudi

Minggu, 19 Januari 2020 - 20:03 WIB
Demi Keamanan Kawasan, Iran Tegaskan Siap Dialog dengan Saudi
Demi Keamanan Kawasan, Iran Tegaskan Siap Dialog dengan Saudi
A A A
TEHERAN -

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif kembali mengatakan, Iran siap untuk mengadakan pembicaraan dengan Arab Saudi dan negara-negara di Teluk Persia lainnya. Pembicaraan ini, papar Zarif, dilakukan untuk mempromosikan keamanan regional.

"Kami siap untuk negosiasi dengan Saudi dan negara-negara pesisir Teluk Persia lainnya dan kami siap untuk memberikan proposal mengenai keamanan di wilayah ini, khususnya Selat Hormuz," kata Zarif.

Zarif, seperti dilansir PressTV pada Minggu (19/1/2020), mengatakan bahwa Iran juga telah mengajukan proposal tentang cara-cara untuk membangun perdamaian di Selat Hormuz. Proposal itu disampaikan dalam pertemua PBB tahun lalu.

Dalam pidatonya di sesi ke 74 Majelis Umum PBB pada 25 September, Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan Iran mengundang semua negara yang terkena dampak perkembangan dalam strategi wilayah untuk bergabung dengan inisiatif perdamaian regional baru negara itu, dijuluki Hormuz Peace Endeavour (HOPE).

Dia mengatakan koalisi tersebut bertujuan untuk mempromosikan perdamaian, stabilitas, kemajuan dan kemakmuran negara-negara di wilayah Teluk Persia dan membantu mencapai saling pengertian dan membangun hubungan yang damai dan ramah di antara mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5096 seconds (0.1#10.140)