alexametrics

Ulama Uganda Kaget Wanita yang Dia Nikahi Ternyata Pria

loading...
Ulama Uganda Kaget Wanita yang Dia Nikahi Ternyata Pria
Sheikh Mohammed Mutumba, 27, (kanan) dan pengantin wanitanya yang ternyata seorang pria. Foto/Fred Muzaale/Daily Monitor
A+ A-
KAMPALA - Seorang ulama Muslim di Uganda kaget setelah mengetahui pengantin wanita yang dia nikahi ternyata seorang pria yang menyamar. Gara-gara hal itu, dia diskors dari tugasnya sebagai imam masjid.

Sheikh Mohammed Mutumba, 27, baru mengetahui jika pengantin wanita adalah pria yang menyamar setelah dua minggu menikah. Dia mengetahuinya usai "sang istri" ditangkap polisi karena mencuri sebuah televisi milik seorang tetangga.

Mutumba sejatinya sudah curiga ketika empat hari menikah pasangannya tersebut menolak menanggalkan pakaian saat mereka tidur.



Kebenaran muncul beberapa hari kemudian ketika polisi datang ke rumah sang ulama untuk mencari seseorang bernama Swabullah Nabukeera yang akan ditangkap atas tuduhan pencurian.

Pengantin perempuan itu digeledah oleh seorang petugas polisi wanita karena mencuri sebuah televisi dan pakaian. Ketika digeledah itulah diketahui bahwa dia sebenarnya seorang lelaki.

Sheikh Mutumba mengatakan dia pikir dia telah menikahi seorang wanita dalam upacara tradisional Islam pada bulan Desember. Dia mengaku belum berhubungan intim dengan "istri" sejak pernikahan karena "sang istri" mengatakan kepadanya bahwa ia sedang menstruasi.

Setelah ditangkap, "pengantin wanita" itu mengungkapkan kepada polisi nama aslinya adalah Richard Tumushabe. Dia berpura-pura sebagai wanita sehingga dia bisa menikahi sang ulama dan diduga berencana mencuri uangnya.

Kepala Imam Masjid Noor dari Kyampisi, Sheikh Isa Busuulwa, mengatakan langkah untuk menangguhkan pengantin pria dari tugasnya di Masjid Noor dimaksudkan untuk menjaga integritas iman mereka.

Media setempat, The Daily Monitor, yang dikutip Kamis (16/1/2020), mengatakan penyelidikan sedang berlangsung atas "insiden malang" yang menimpa Sheikh Mutumba.

“Dia telah menjadi salah satu dari tiga imam masjid. Dia telah menghabiskan sekitar empat tahun berkhotbah di masjid ini selain mengajarkan Islam kepada anak-anak," kata Sheikh Busuulwa kepada surat kabar harian independen Uganda tersebut.

Amisi Kibunga, bilal di masjid tempat Mutumba ditangguhkan dari tugasnya telah melihat "Swabullah" menghadiri salat

“Dia memiliki suara lembut yang manis dan berjalan seperti wanita. Dia juga selalu mengenakan gomesi atau jilbab," kata Kibunga tersebut kepada Daily Monitor.

“Empat hari setelah pernikahan mereka, mempelai pria datang kepada saya mengeluh bahwa 'mempelai wanita'-nya telah menolak untuk membuka pakaian saat mereka tidur. Sebenarnya, saya berencana untuk pergi ke rumah mereka untuk menasihatkan dia ketika saya mendengar ia (mempelai wanita) telah ditangkap sehubungan dengan pencurian satu set televisi dan pakaian milik tetangga mereka," imbuh Kibunga.

Sumber-sumber lokal mengungkapkan Sheikh Mutumba sangat terpukul dengan kejadian itu dan membutuhkan konseling.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak