alexametrics

Trump Siap Kembali ke Davos, Menlu Iran Batalkan Kehadiran

loading...
Trump Siap Kembali ke Davos, Menlu Iran Batalkan Kehadiran
Presiden AS Donald Trump di Maryland, AS, 13 Januari. Foto/REUTERS/Kevin Lamarque
A+ A-
JENEWA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan menghadiri pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos pekan depan namun Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Zarif telah membatalkan kehadirannya.

AS telah membunuh komandan militer Iran dalam serangan drone bulan ini setelah seorang kontraktor AS dibunuh di pangkalan di Irak. Teheran kemudian menyerang pangkalan di Irak yang menampung pasukan AS.

Meski Trump menghadiri acara WEF yang digelar di resor pegunungan Swiss pada 2018, dia tidak berpartisipasi tahun lalu dan kembalinya Trump terjadi saat dia menghadapi dakwaan pemakzulan.



Zarif yang sebelumnya dijadwalkan hadir, tidak lagi ada dalam daftar sekitar 3.000 orang yang akan datang dalam acara itu. Pertemuan WEF kali ini membawa tema "Stakeholder untuk Dunia yang Berkelanjutan dan Kohesif".

"Kami memahami pembatalan dari Menlu Iran Zarif dengan kondisi ketidakpastian di kawasan dan apa yang terjadi di Iran," ungkap Presiden WEF Borge Brende dalam konferensi pers menjelang pertemuan ke-50 tersebut.

Tak ada pejabat Iran lainnya yang ada dalam daftar peserta WEF, termasuk presiden Irak dan Afghanistan. "Sekitar 53 kepala negara akan melakukan perjalanan ke Alpen, termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel serta 35 menteri keuangan dan 30 menteri perdagangan," papar pihak penyelenggara WEF.

Peserta lainnya termasuk Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer. Ivanka Trump dan suaminya Jared Kushner juga termasuk dalam delegasi AS.
(sfn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak