Korsel Bantu Indonesia Kembangkan Kapal Selam

Selasa, 14 Januari 2020 - 20:00 WIB
Korsel Bantu Indonesia Kembangkan Kapal Selam
Korsel Bantu Indonesia Kembangkan Kapal Selam
A A A
JAKARTA - Korea Selatan (Korsel) menyatakan, penjualan kapal selam buatan mereka ke Indonsia tidak hanya berhenti pada proses-jual beli. Tapi, di dalamnya terdapat juga proses transfer teknologi.

Duta Besar Korsel untuk Indonesia, Kim Chang-beom menuturkan, dalam perjanjian kapal selam itu, Korsel juga akan membantu Indonesia untuk mengembangkan dan merakit kapal selam sendiri.

"Kami telah mengirimkan kapal selam ke Indonesia. Ini bukan hanya sekedar pembelian peralatan militer, tapi juga untuk membantu Indonesia dalam mengembangkan dan membuat kapal selam," ucap Chang-beom pada Selasa (14/1/2020).

"Kapal selam yang sudah kami kirim, sebagian dirakit di Surabaya oleh PT. PAL. Kontrak berikutnya adalah untuk pembelian tiga kapal selam lainnya dari Korsel. Kontrak ini hanya tinggal ditandantangani," sambungnya.

Dia lalu menyinggung mengenai proyek KFX/IFX, yakni proyek pengembangan jet tempur generasi terbaru Korsel dan Indonesia. Dia berharap proyek ini dapat segera kembali berjalan.

"Dari sisi Indonesia ada PTDI, dari Korsel KAI untuk merancang dan membangun jet tempur generasi terbaru untuk Angkatan Udara kedua negara. Dengan adanya pergantian seluruh kabinet pemerintahan Indonesia, ada penundaan dalam kelanjutan program ini," ucapnya.

"Oleh karena itu, Menteri Pertahanan kami melakukan kunjungan ke Jakarta pada Desember tahun lalu. Kami sedang menanti kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke Korsel untuk bertemu Menteri Pertahanan kami dan membuka jalan bagi percepatan proyek KFX/IFX," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3769 seconds (0.1#10.140)