alexametrics

Jerman Harap Rusia Bujuk Iran Pertahankan Kesepakatan Nuklir

loading...
Jerman Harap Rusia Bujuk Iran Pertahankan Kesepakatan Nuklir
Maas mengatakan sebagai salah satu penandatangan kesepakatan nuklir, Rusia diharapkan bisa membujuk Iran untuk mempertahankan kesepakatan itu. Foto/Reuters
A+ A-
BERLIN - Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas mengatakan, sebagai penandatangan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), Rusia adalah salah satu pihak yang bertanggung jawab untuk mempertahankan kesepakatan itu. Maas berharap, Rusia bisa membujuk Iran untuk mempertahankan kesepakatan itu.

"Sebagai penandatangan, Rusia bertanggung jawab untuk menjaga (kesepakatan) sebagai faktor stabilitas di kawasan itu. Rusia telah menegaskan kembali komitmennya untuk JCPOA pada akhir pekan," ujar Maas saat melakukan wawancara dengan surat kabar Saarbrucker Zeitung.

"Kami ingin Moskow membantu membujuk Iran untuk mematuhi aturan permainan selama perundingan mendatang. Rusia juga dapat memanfaatkan pengaruhnya di Suriah untuk mencegah ketegangan meningkat," sambungnya, seperti dilansir Tass pada Senin (13/1/2020).



Maas mengatakan, penting bahwa Iran untuk mengklarifikasi situasi terkait tragedi pesawat Ukraina di Teheran. Dia juga berharap dapat melihat sinyal dari Washington yang mengindikasikan bahwa kedua pihak tertarik untuk meredakan ketegangan.

Menurut dia, meskipun konflik bersenjata langsung telah dihindari, konflik antara Amerika Serikat (AS) dan Iran tergantung di wilayah seperti Pedang Damocles.

(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak