Maskapai Ukraina Sejak Awal Yakin Bukan Penyebab Kecelakaan Iran

Sabtu, 11 Januari 2020 - 22:01 WIB
Maskapai Ukraina Sejak Awal Yakin Bukan Penyebab Kecelakaan Iran
Maskapai Ukraina Sejak Awal Yakin Bukan Penyebab Kecelakaan Iran
A A A
KIEV - Presiden Ukraine International Airlines Yevhenii Dykhne menyatakan dia tidak pernah ragu bahwa maskapainya bukan penyebab kecelakaan pesawat penumpang di Iran.

Sebelas warga Ukraina, termasuk sembilan anggota kru tewas dalam kecelakaan pesawat yang merenggut 176 jiwa pada Rabu (8/1), berdasarkan data pemerintah Ukraina.

Dykhne membuat pernyataan itu di media sosial setelah Iran mengakui membuat kesalahan saat menembak jatuh pesawat penumpang tersebut.

"Kami tidak ragu sedetik pun bahwa kru kami dan pesawat kami bukan penyebab kecelakaan pesawat mengerikan ini," tutur Dykhne, dilansir Reuters.

Dia menambahkan, "Itu adalah para pria dan wanita terbaik kami. Yang terbaik."

"Pengakuan Iran secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat itu mengonfirmasi salah satu teori Badan Keamanan Negara Ukraina (SBU) tentang penyebab kecelakaan," ungkap Kepala SBU Ivan Bakanov.

Berbeda dengan pernyataan beberapa pakar sebelumnya, SBU menduga sistem rudal anti-pesawat Iran telah beroperasi secara manual dan bukannya secara otomatis.

"Pemerintah Ukraina mendesak investigasi penuh, pengakuan bersalah secara penuh dan kompensasi dari Iran karena menembak jatuh satu pesawat penumpang Ukraina," papar pernyataan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2991 seconds (0.1#10.140)