RI-Australia Teken Kerja Sama Diplomasi Digital

Rabu, 08 Januari 2020 - 19:35 WIB
RI-Australia Teken Kerja Sama Diplomasi Digital
RI-Australia Teken Kerja Sama Diplomasi Digital
A A A
JAKARTA - Indonesia dan Austtralia dilaporkan telah menandatangani Surat Pernyataan Kehendak perihal Diplomasi Digital dan Kerja Sama Trilateral. Komitmen baru ini akan memastikan konsultasi, kerja sama, dan kolaborasi yang lebih besar antar pemerintah di kedua sektor ini.

Kedua Surat Pernyataan Kehendak ditandatangani oleh Kuasa Usaha Australia untuk Indonesia, Allaster Cox, dan Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Indonesia, Cecep Herawan.

Menurutu keterangan Kedutaan Besar Australia yang diterima Sindonews pada Rabu (8/1/2020), Surat Pernyataan Kehendak tentang Kerja Sama Digital disusun berdasarkan hasil Konferensi Regional tentang Diplomasi Digital yang digelar di Jakarta pada September 2019 silam.

"Surat Pernyataan Kehendak memberikan peluang untuk memperdalam kerja sama antara Australia dan Indonesia di sektor digital yang dinamis. Kami ingin berbagi pengetahuan kami tentang bagaimana menggunakan perangkat digital untuk memperkuat diplomasi dan juga belajar dari pengalaman Indonesia,” kata Cox.

Sementara itu, Cecep mengatakan Surat Pernyataan Kehendak ini, kedua pihak mengedepankan langkah untuk memahami pengembangan dalam diplomasi digital dan meningkatkan kecekatan digital diplomat kedua negara.

"Surat Pernyataan Kehendak ini juga bertujuan meningkatkan kolaborasi antar negara di kawasan dan batu loncatan untuk menindaklanjuti hasil Konferensi Regional tentang Diplomasi Digital," ujarnya.

Surat Pernyataan Kehendak tentang Kerja Sama Trilateral merupakan langkah pertama memperluas kemitraan antara Australia dengan Lembaga Pembangunan Internasional Indonesia. Cox mengatakan bahwa Indonesia dan Australia telah memiliki kepentingan yang sama dalam memastikan stabilitas dan kemakmuran di kawasan.

“Indonesia mampu memiliki peran yang konstruktif di Indo-Pasifik, berbagi pengalaman dalam pembangunan dan pengurangan kemiskinan dengan negara-negara lain di kawasan, dan kami akan memperdalam kemitraan di bidang ini melalui Surat Pernyataan Kehendak,” terangnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4709 seconds (0.1#10.140)