Studi Ungkap KDRT Meningkat di AS Selama Pandemi Covid-19

Senin, 31 Agustus 2020 - 03:30 WIB
loading...
Studi Ungkap KDRT Meningkat di AS Selama Pandemi Covid-19
Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Radiology menunjukkan bahwa telah terjadi insiden dan tingkat keparahan kekerasan pasangan intim fisik (IPV) yang lebih tinggi selama pandemi Covid-19 di negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat (AS) dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Studi tersebut menilai data dari Brigham and Women’s Hospital di Boston, Massachusetts.

Temuan penelitian mengungkapkan bahwa meskipun lebih sedikit pasien yang melaporkan IPV secara keseluruhan, kejadian IPV pada tahun 2020 selama pandemi Covid-19 adalah 1,8 kali lebih tinggi dibandingkan dengan kejadian antara 2017 dan 2019. Para peneliti membandingkan data dari 26 korban IPV pada tahun 2020 dengan data dari 42 korban IPV fisik dari tahun 2017 hingga 2019.

(Baca: Saraswati Janji Bangun Rumah Aman untuk Korban KDRT di Tangsel )

“Jumlah total luka dalam (luka pada organ dalam) adalah 28 selama 2020 dibandingkan 16 dari 2017 hingga 2019. Jumlah luka dalam per korban adalah 1,1 selama 2020 dibandingkan dengan 0,4 dari 2017 hingga 2019,” menurut studi yang diterbitkan oleh Radiological Society of North America, seperti dilansir Sputnik.

Studi tersebut juga menemukan bahwa insiden pelecehan berisiko tinggi, yang didefinisikan sebagai cedera yang disebabkan oleh pencekikan, penusukan, luka bakar atau penggunaan senjata seperti pisau, senjata dan benda lain, dua kali lebih besar selama pandemi Covid-19. Selain itu, korban IPV selama pandemi lebih cenderung berkulit putih. Sementara 65% korban pada tahun 2020 berkulit putih, sebagai perbandingan hanya 26% antara tahun 2017 dan 2019.

Babina Gosangi, salah satu penulis studi dan asisten profesor radiologi di Yale New Haven Health di New Haven, Connecticut, menuturkan bahwa para korban selama pandemi juga mengalami lebih banyak cedera dada dan perut dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Misalnya, satu korban menderita beberapa patah tulang rusuk bilateral dengan pneumotoraks kanan dan memar paru bilateral, membutuhkan perawatan di rumah sakit selama lebih dari 10 hari, setelah dia berulang kali ditinju di dada. Korban lainnya ditikam di bagian perut dan mengalami laserasi pada hati dan ginjal,” katanya.

Pneumotoraks terjadi ketika udara terkumpul di ruang antara paru-paru dan dinding dada. Udara mendorong bagian luar paru-paru dan dapat menyebabkannya kolaps.

“Studi kami menunjukkan insiden IPV yang lebih tinggi, baik dalam jumlah dan proporsi absolut, dengan cedera yang lebih parah, meskipun lebih sedikit pasien yang melaporkan IPV,” jelas Bharti Khurana, seorang penulis studi serta peneliti utama dan direktur Pusat Penelitian Pencitraan Trauma dan Inovasi di Rumah Sakit Brigham dan Wanita.

(Baca: Kesalahan Memotong Sayuran Bisa Memengaruhi Nilai Gizi )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)