alexametrics

Al-Shabab Serang Basis Militer AS di Kenya

loading...
Al-Shabab Serang Basis Militer AS di Kenya
Kelompok militan al-Shabab Somalia dilaporkan melancarkan serangan terhadap pangkalan militer Amerika Serikat di pesisir Lamu, Kenya. Foto/Istimewa
A+ A-
LAMU - Kelompok militan al-Shabab Somalia dilaporkan melancarkan serangan terhadap pangkalan militer di pesisir Lamu, Kenya. Pangkalan militer itu biasa digunakan oleh Amerika Serikat (AS) dan Kenya.

"Ada serangan, tapi mereka (al-Shabab) telah berhasil di pukul mundur," kata Komisaris Lamu, Irungu Macharia dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (5/1/2020).

Dia mengatakan, serangan itu terjadi sebelum fajar di pangkalan yang dikenal sebagai Kamp Simba, dan bahwa operasi keamanan sedang berlangsung. Tetapi, dia tidak menunjukkan apakah ada korban dalam serangan itu.



Al-Shabab sendiri telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Namun, berbeda dengan pernyataan otoritas Kenya, al-Shabab mengaku berhasil menduduki beberapa bagian dari pangkalan militer tersebut.

"Kami berhasil menyerbu pangkalan militer yang sangat dibentengi dan sekarang telah mengambil kendali yang efektif dari bagian pangkalan itu," ucap kelompok itu.

Kelompok mengatakan serangan itu adalah bagian dari kampanye “Al-Quds yang tidak akan pernah di-Yahudikan”, sebuah istilah yang pertama kali digunakan selama serangan terhadap kompleks hotel Dusit di Nairobi pada Januari tahun lalu yang menewaskan 21 orang.

Wilayah Lamu, wilayah Kenya yang dekat dengan perbatasan Somalia, kerao mendapat serangan dari al-Shabab. Serangan sering terjadi di sepanjang perbatasan, terutama menargetkan pasukan keamanan dengan bom pinggir jalan.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak